Lanjut ke konten
Tags

LEGENDA PUTRI PUKES, TAKENGON, NAD

27 Februari 2009

GUA PUTRI PUKES

GUA PUTRI PUKES

Legenda Puteri Pukes

Pemandangan di seputar danau sangat eksotik dan menarik. Banyak cerita legenda yang mengelilingi keindahan danau ini, seperti legenda beberapa goa. Yang cukup terkenal adalah Legenda Goa Puteri Pukes. Cerita kehadiran goa yang berada di pinggir danau ini cukup menggelitik.

Konon, saat tuah orang tua masih menjadi kenyataan, hiduplah seorang puteri bernama Pukes. Puteri Pukes kemudian dipinang oleh seorang pangeran dari seberang Danau Laut Tawar. Sesuai adat, jika seorang perempuan sudah dipinang dan diperistri, maka ia harus ikut dan tinggal dalam lingkungan keluarga besar suaminya.

Setelah dipinang, Puteri Pukes pun harus meninggalkan kedua orangtua, saudara dan kampung halamannya menuju kampung halaman sang suami. Sebelum sang puteri berangkat, terlebih dahulu ia diberi petuah oleh orangtuanya. Satu pesan yang harus ia ingat dan patuhi adalah, agar sang anak tidak menoleh ke belakang melihat orangtua, saudara ataupun kampung halamannya. Ia harus meneguhkan keyakinan untuk ikut bersama keluarga sang suami.

Meski sedih dengan pesan tersebut, namun sang puteri tetap harus mematuhinya. Saat perjalanan melintas danau menuju negeri sang suami, tiba-tiba sang puteri merasakan rindu yang tak terperi kepada orangtua dan kampung halamannya. Tanpa disengaja, ia pun menoleh ke belakang untuk sekadar melihat. Tuah orang tua pun terjadi. Dalam sekejap, cuaca yang cerah berubah menjadi gelap, dan petir di angkasa sambung menyambung. Badai pun datang. Tiba-tiba, sang puteri berubah wujud menjadi batu.

Kini, di dalam Goa Puteri Pukes yang berada di pinggir jalan, tepat di depan danau, terdapat patung seorang puteri. Konon, sesekali patung tersebut mengeluarkan air mata penyesalan akibat tak mendengar petuah orangtuanya. Objek wisata ini cukup ramai dikunjungi masyarakat sekitar maupun pendatang, terutama di hari libur.
Sumber : insidesumatera.com

About these ads

From → wisata di Aceh

22 Komentar
  1. Pengakuan tulus dari IBU YENI,NURLINA TKI Yang kerja di disingapore.
    Saya mau mengucapkan terima ksih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada MBAH RORO, saya sudah kerja sebagai TKI selama 9 tahun disingapore,dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim orang tua di majalengka, sudah lama saya mengetahui roomnya om ini, juga sudah lama mendengar nama besar MBAH,tapi saya termasuk orang yangg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yang mau menipu.
    tetapi kemarin waktu pengeluaran , saya benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yg diberi MBAH RORO ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya TKI Yang kerja di singapore mau pulang tidak ada ongkos, terus beliau bantu kasih angka . mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan april, ternyata berhasil….!!!
    dapat BLT 200jt, sekali lagi terima kasih banyak MBAH RORO, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana senin depan mau pulang aja ke PALEMBANG.buat MBAH,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik MBAH.
    yang ingin merubah
    nasib seperti saya silahkan hub MBAH RORO di no. 0853,9453,7578 ATAU

    WEBSITe _RORO{ :> http://wwwprediksimbahjenggo.webs.com }

    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    IBU YENI tki.
    MAKASIH OM ROOMNYA

  2. goed permalink

    Setau saya pernikahan pukes tidak direstui ibunya dgn sebab…blom jelas/pasti.lantas demi membahagiakan putri si mata wayangnya pernikahan tetap dilakukan dgn satu syarat apapun yg terjadi km tidak di diperbolehkan memalingkan/melihat wajahmu kekampung ini lagi(blom jelas apakah untuk selamanya atau selama dalam perjalanan aja).setelah melintasi danau laut tawar(“anda bisa melihat jalan bebatuan bewarna merah membentang diatas danau tsb-melihatnya dari atas bur dosa/gayo.__danau itu tidak sedalam seperti. Sekarang”)keinginan seorang anak tuk melihat kampung halamannya tuk terakhir kali sebelum keluar dari gua tsb.(“skarang menjadi gua tertutup alias tidak ada jalan keluar sebelumnya gua itu jalan menuju kab bener meriah.

    Kisah menarik lainnya
    1.kerajaan linge
    2.atu belah
    3.gua kerbau dan kambing
    4.atu kude(penuh misteri dapat dilihat tidak dapat di temukan”bisa di bilang fatamorgana” teman saya pernah mencoba kesana(atu kude) menggunakan helikopter apa daya seperti kata orangtua dulu belum bertuah kami tdk akan pernah bisa tuk menemukannya”
    5.putri hijau berbeda dgn versi sumatera utara
    6.dll

  3. ngeri ya, cuma gara2 nengok kebelakang, eeeh jadi batu :D

  4. ira permalink

    selama saya berada ddlm gua tersebut saya pernah melihat kalu batu yg merubah putri pukes tersebut mengeluarkan air mata yg sangat bnyak, betapa sedihnya putrti tersebut, memang keajaiban yg luar biasa, ddpn pintu masuk jg terdapat batu jelmaan ular putri pukes,wisata yg sangat menarik

  5. ga ada foto tempat wisatanya ya? aku jadi penasaran deh sama batu nya.

  6. Seems like u fully understand a good deal pertaining to this issue and
    it all exhibits throughout this amazing blog post,
    called “LEGENDA PUTRI PUKES, TAKENGON, NAD Badruddin’s Blog”. Thanks a lot ,Janis

  7. sulistiya permalink

    Mungkinkah kerajaan Kota Takengon berada di tengah danau laut tawar

  8. sulistiya permalink

    Baru 3 hari saya meninggalkan kota Takengon dan 2X berputar mengelilingi danau
    Laut Tawar ,Penduduk asli tangengon menunjukan ada gua didepan saya tetapi tidak menceritakan asal mula gua tersebut,mungkin saya akan kembali ke Kota Takengon
    untuk berkunjung kegua tersebut. Kapan aku bisa ke kota Takengon lagi….

  9. reja permalink

    klaw kta pkir pntangan a spele , tpi akibat a tak disangka

  10. Walahualam,,,,,,,,, walaupun beberapa x saya pernah ksana,,, tapi kisahnya selalu berubah2
    Entah yg mana yg iya,,,,,,tapi takengon indah…….

  11. Wah ternyata ada juga yah cerita legenda seperti ini… baru dengar saya… memang Indonesia kaya akan budaya… tapi sayang, fotonya kurang jelas… mungkin bisa diambil dari angle yang berbeda…

  12. Wa’alaikum salam wr wb.
    Gambarnya diambil tahun 2006 lalu saat tamasya ke Takengon… mungkin klu kita lihat secara dekat ada beda dengan foto kr fotonya di gua yg remang2, foto pake blizt, jd sedikit berubah…

  13. Assalamu alaikum.
    Abanganda. Ini foto diambilnya kapan?
    Dulu waktu 2008 ke sana masih berwujud manusia duduk, walau bagian wajahnya sudah mulai rusak.
    Kok sekarang malah tanpa wujud sama sekali ya?

  14. Muhammad Syofian Hutabarat permalink

    Ada yang tau atau niympan sejarah suku Gayo gak..? karena saya tertarik mempelajari sejarah gayo yang masih sekarang masih simpang siur. saya ingin mencari literature yang multi sumber agar bisa dicari benang merah sejarah gayo yang sesungguhnya. Tks ya kalo ada yang mau bantu nd salam kenal.

  15. Netty Wary, S. Pd. permalink

    Assalamualaikum…..bagi penulis pemula tulisan seperti ini sudah lumayan. setiap sesuatu pasti ada kekurangan dn kelebihan. saya orang Bener Meriah penggemar sastra Gayo. tos nye mienne tolesen. sa metehe kahe ara lomba noles kekeberen nguk kite tampelen ken mewakili daerah te.

  16. hary permalink

    kegere kam nos cerite e…ketiti dele komen..hana lagu kam si paling pane

  17. Sugeng permalink

    yang namanya legenda ya bisa bisa aja,yg pasti semua sejarah mengandung nasehat buat kita dizaman sekarang ini,yg banyak melawan bahkan menentang petuah orang tua kita sendiri, Allah Maha Mengetahui akan kebenaran

  18. Iya wen, aku g tahu cerita secara detil, kalau tahu kirim aku ya… biar artikelnya lebih berbobot dan jd acuan buat yang laen.

  19. wen permalink

    singketdi crt eeee masakne kampuang/village delong and nosar gak kesebut..tapi bangga juga lah ken promosi daerahte gereke?????

  20. Dini permalink

    Singket tu ya cerite e.

  21. Sukamakmur timur permalink

    Iya ya? Kjadiannya kan di danau, kog patungnya ada di gua?.
    aku “lessai” masyarakat suka makmur bener meriah dan emang benar ada gua n patung PUTRI PUKES di pinggir danau ini. Namun crita aslinya sy kurang paham.

  22. atok permalink

    poning aku, caritonyo tak nyambuang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: