Skip to content
Tags

SEJARAH MESJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH

24 April 2009

Mesjid Kebanggaan Masyarakat Aceh

Mesjid Kebanggaan Masyarakat Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, merupakan Masjid yang memiliki lembaran sejarah tersendiri, yang kini merupakan Masjid Negara yang berada di jantung kota Propinsi Nanggro Aceh Darussalam. Nama Masjid Raya Baiturrahman ini berasal dari nama Masjid Raya yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M. Mesjid raya ini memang pertama kali dibangun oleh pemerintahan Sultan Iskandar Muda, namun telah terbakar habis pada agresi tentara Belanda   kedua pada bulan shafar 1290/April 1873 M, dimana dalam peristiwa tersebut tewas Mayjen Khohler yang kemudian diabadikan tempat tertembaknya pada sebuah monument kecil dibawah pohon ketapang/geulumpang dekat pintu masuk sebelah utara mesjid.

Empat tahun setelah Masjid Raya Baiturrahman itu terbakar, pada pertengahan shafar 1294 H/Maret 1877 M, dengan mengulangi janji jenderal Van Sweiten, maka Gubernur Jenderal Van Lansberge menyatakan akan membangun kembali Masjid Raya Baiturrahman yang telah terbakar itu. Pernyataan ini diumumkan setelah diadakan permusyawaratan dengan kepala-kepala Negeri sekitar Banda Aceh. Dimana disimpulakan bahwa pengaruh Masjid sangat besar kesannya bagi rakyat Aceh yang 100% beragama Islam. Janji tersebut dilaksanakan oleh Jenderal Mayor Vander selaku Gubernur Militer Aceh pada waktu itu. Dan tepat pada hari Kamis 13 Syawal 1296 H/9 Oktober 1879 M, diletakan batu pertamanya yang diwakili oleh Tengku Qadhi Malikul Adil. Masjid Raya Baiturrahman ini siap dibangun kembali pada tahun 1299 Hijriyah bersamaan dengan kubahnya hanya sebuah saja.

Pada tahun 1935 M, Masjid Raya Baiturrahman ini diperluas bahagian kanan dan kirinya dengan tambahan dua kubah. Dan pada tahun 1975 M terjadinya perluasan kembali. Perluasan ini bertambah dua kubah lagi dan dua buah menara sebelah utara dan selatan. Dengan perluasan kedua ini Masjid Raya Baiturrahman mempunyai lima kubah dan selesai dekerjakan dalam tahun 1967 M. Dalam rangka menyambut Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-XII pada tanggal 7 s/d 14 Juni 1981 di Banda Aceh, Masjid Raya diperindah dengan pelataran, pemasangan klinkers di atas jalan-jalan dalam pekarangan Masjid Raya. Perbaikan dan penambahan tempat wudhuk dari porselin dan pemasangan pintu krawang, lampu chandelier, tulisan kaligrafi ayat-ayt Al-Qur’an dari bahan kuningan, bagian kubah serta intalasi air mancur di dalam kolam halaman depan.

Dan pada tahun 1991 M, dimasa Gubernur Ibrahim Hasan terjadi perluasan kembali yang meliputi halaman depan dan belakang serta masjidnya itu sendiri. Bagian masjid yang diperluas,meliputi penambahan dua kubah, bagian lantai masjid tempat shalat, ruang perpustakaan, ruang tamu, ruang perkantoran, aula dan ruang tempat wudhuk, dan 6 lokal sekolah. Sedangkan. perluasan halaman meliputi, taman dan tempat parkir serta satu buah menara utama dan dua buah minaret.

Dilihat dari sejarah, Masjid Raya Baiturrahman ini mempunyai nilai yang tinggi bagi rakyat Aceh, karena sejak Sultan Iskandar Muda sampai sekarang masih berdiri megah di tengah jantung kota Banda Aceh. Mesjid Raya ini mempunyai berbagai fungsi selain shalat, yaitu tempat mengadakan pengajian, perhelatan acara keagamaan seperti maulid Nabi Besar Muhammad SAW, peringatan 1 Muharram, Musabaqah Tilawatil Qur’an (yang baru selesai MTQ Telkom-Telkomsel Nasional), tempat berteduh bagi warga kota serta para pendatang, salah satu obyek wisata Islami.

Waktu gempa dan tsunami (26 Desember 2004) yang menghancurkan sebagian Aceh, mesjid ini selamat tanpa kerusakan yang berarti dan banyak warga kota yang selamat di sini. Kawasan/lingkungan mesjid ini juga dijadikan kawasan syariat Islam, jadi sebaiknya kita jaga dan jangan dikotori oleh perbuatan-perbuatan yang melecehkan mesjid serta melanggar syariat Islam.

Sumber: Dari berbagai sumber

About these ads

From → Aceh

34 Komentar
  1. Jangan pikirkan kegagalan kemarin hari ini sudah lain sukses pasti diraih selama semangat masih menyengat.

  2. Aduh, aduh. sdr Nasir. koq manfaatkan ruang ini utk jualan. Tempat jualan di toko or pasar sana

  3. pengen banget bisa singgah ke mesjid ini

  4. Di terpa tsunami saja tidak rubuh!

  5. mesjid yang sangat kokoh

  6. mudah mudahan mesjid raya baiturrahman masih terjaga oleh allah swt syukron :)

  7. Reblogged this on indrabiker22.

  8. mesjid yang besar dan agung, itu lah baiturrahman..

  9. Sama-Sama Bang Safar, semoga blognya terus jaya dalam rangka membangun Aceh tercinta melalui Visit Aceh 2013 … :)

  10. terimakasih, telah saya kutip sebagian untuk entry blog saya ; http://visit-aceh-2013.blogspot.com/2012/06/10-ikon-terkenal-terkait-aceh.html

  11. Terimakasih, sudah saya kutip untuk blog saya, http://visit-aceh-2013.blogspo t.com/2012/06/10-ikon-terkenal -terkait-aceh.html .

  12. M.Nasir Husin permalink

    PENDAPAT dan PERJUANGAN Bapak, Ibu, Sdr/i semua bagus untuk bisa selesaikan Persoalan Hidup ?

    tapi PENDAPAT dan Perjuangan Bapak, Ibu, Sdr/i tidak bisa selesaikan Persoalan Hidup ?, yang ada terus tambah-tambah persoalan tidak selesai sampai kiamat ?, karena setiap persoalan ada di RUPIAH (Uang), → tidak ada di tempat lain ?

    BARU bisa selesaikan persoalan tolong Pelajari dan Pahami Sistem yang kami tawarkan di bawah ini !

    Bapak,Ibu,Sdr/i semua Mau Peduli Sistem yang kami tawarkan di bawah ini semua Persoalan Hidup Pasti selesai, JAMINAN 100 % kalau benar sependapat dan benar mau berbuat sesuai Petunjuk di Sistem ini ?

    YAYASAN PRESTASI INTI KESEJAHTERAAN BERSAMA

    BUKA LAPANGAN KERJA UNTUK SEMUA UMUR

    S P E C T A C U L A R

    Kami tawarkan → Cara Pintas Pemberdayaan Ekonomi Umat. → Wujud-kan Impian ber-Sama !

    Dengan Modal Bantuan Sosial Anda Rp.1.000.000,- cukup satu kali saja

    AJAK 4 ORANG KAWAN JUGA CUKUP SATU KALI SAJA.

    Dapat Hasil Uang Bantuan Sosial Sah Milik Pribadi Anda Rp. 3.276.000.000,- tahun pertama, dan terus bertambah kali dua di bulan berikutnya langsung dari masyarakat

    Solusi Hidup Damai dan Hidup Sejahtera yang sangat baik paling sempurna sesuai Petunjuk Perintah Tuhan kepada kita Hamba semua !

    Dapat Hadiah Rp.5.000.000.000,- Sah terima langsung dari Yayasan ini di bulan ke 17, hadiah ini di berikan berdasarkan kerja sama !.

    Ingin TAU CARA PROSES yang Benar bagaimana ?, → supaya tidak salah sampaikan ke kawan, salah sampaikan Dosa ?. → Kami Mengundang : Bapak, Ibu, Sdr/i semua untuk bisa luangkan waktu 1 jam saja hadir ke Kantor Yayasan Prestasi Inti Kesejahteraan Bersama di Desa Paya Punteuet Dusun Paya Lhok Jalan Buloh Blang Ara Km.0,6 No.4-5 dekat SMA Negeri 5 Cunda Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe Propinsi Aceh-RI Kode Pos : 24352 → Telp./Fax.0645-630975

    Buka setiap hari dari pukul : 08,30 sd 16,30 wib. → Hari minggu, hari tanggal merah tetap buka dan kami tunggu → datanganya Anda !

    Sistem mudah tambah Pendapatan !, → cegah kekurangan dan kerugian yang belum ada duanya ?.

    Ingin segera ber-Gabung ?, → silakan kirim Bantuan Sosial Anda Rp.1.000.000,- langsung ke Bank Muamalat Rek.No.9109741999 An.Yayasan Prestasi Inti Kesejahteraan Bersama !,
    sesudah kirim lapor kami SMS-kan saja ke HP.08126967975 !

    Ingin Pelajari dulu ?, kirim Nama dan Alamat lengkap beserta E-mail Anda ke E-mail : yayasanpublik@yahoo.co.id (web.belum ada), mari kita manfaatkan peluang apa yang ada dulu, apa saja lainnya yang belum ada terus kita perjuangkan bersama-sama !.

    Mari kita berantas kemiskinan, (terutama miskin diri, otomatis bisa cegah miskin orang) !, → kemiskinan sumbernya kejahatan ?.

    Mari kita lawan kejahatan tidak saling menyalahkan persoalan selesai !, → (terutama jahat diri, otomatis bisa cegah jahat orang) ?.

    Mari kita lawan bisikan yang membuat kita takut, malu, dan ragu-rau !, sehingga kita semua bisa hidup senang tidak susah ?, → ikhlas berbuat ?, selamat dan sehat kita semua !

    Hidup ini enak kalau kita buat enak, Hidup ini sulit kalau kita buat sulit, → Pilih mana ?. → Pilih Enak ?, → dukung Sistem ini !, di Sistem lain tidak ada ?, keputusan untuk mau memperbaiki diri ada pada diri sendiri ?, → baik Percaya diri, Percaya orang, Percaya sesama dan Percaya semua → hidup jadi bahagia !

    TANYA ?, → Anda Ingin Hidup Senang tidak Susah ?, atau tetap terus mempertahankan di Hidup Senang tapi tetap Susah ?, apalagi bagi yang Hidup Susah tidak pernah Senang ?, coba fikir bayangkan sedihnya bagaimana ?, → ingin peduli hidup saling membantu ?

    Mari kita budayakan hidup saling bantu-membantu melalui Sistem ini, kita pertahankan pelihara Hidup Susah apapun alasannya tetap Dosa ?

    Sudah saatnya kita hentikan cara cari Uang dengan cara lama budaya asah Parang, (baik hindari diri dari saling curiga sampai bunuh-membunuh) !.

    Dengan adanya dukungan bersama Pendidikan dan Sosial menuju ke hidup senang tidak susah pasti ter-wujud !

    Gudang Amal dan Gudang Bisnis 1 jalan yang belum ada duanya ?, mari bersama-sama secara bergotoroyong setiap 1 orang cukup 1 X saja !

    SEPENDAPAT ?, YAKIN ?, INGIN SUKSES ?, → hilangkan ke khawatiran, siapkan mental, tinggalkan alasan jawab tantangan, terus berjuang ajak 4 kawan saja titik aman tunggu hasil uang nyata !.

    MARI KITA BUKTIKAN SEKARANG JUGA, JANGAN TUNDA NANTI, BESOK, LUSA !

    Mari kita memerdekakan diri dari keterikatan pekerjaan dibawah tekanan saling curiga ?
    Mari kita tanam hari ini !, hari ini juga bisa kita petik hasilnya uang, dan terus kita petik setiap hari Sah untuk selamanya sampai bisa di terima kewarisan seterusnya. …………………………. → → → →

    DARI UMAT UTK UMAT YANG SAH

    bersiaplah jadi Milyarder dari hasil usaha sendiri, Rizki abadi dari Amal baik Milik Pribadi !, → dengan Sistem ini mampu atasi semua perma salahan, dan mampu jawab semua tantangan ?. → Mari kita berikan Karya kita kepada masyarakat yang bermanfaat Multi sempurna yang belum ada duanya !

    Selamat melaksanakan sesuai petunjuk Sistem dan Suskes kita semua !

    Demikian

    M.Nasir Husin → HP. 08126967975, 085260782975, 082167947975
    → si Pembuat dan si Penanggung Sistem ini

  13. auda permalink

    jadi pengen pulang ke Banda Aceh… pengen ke mesjid ini :D

  14. zai har permalink

    sangat mengagumkan…apalagi ada bukti keberanian orang aceh dalam melawan penjajah, yaitu monumen kematian jenderal kohler di pekarangan masjid.

  15. mesjid raya banda aceh merupakan mesjid kebanggaan rakyat aceh, untuk itu mohan di jaga dan dipelihara sesuai dengan syariat islam, dan sebaiknya juga diundang teungku/ ustat dari tiap kabupaten/kaota serta gampong untuk pelatihan teungku/ustat agar tidak membawa khilafiah-khilafiah yang berbau bid’ah terhadap masyarakatnya.kemudian banyak mesjid di daerah2 gampong dalam wil.Axeh sudah besar-besar dan bagus-bagus tapi jama’ahnya sedikit malah ada yang kosong.

  16. udah lama ne gak ke Banda Aceh,,,kangen juga ma mesjid Baiturrahman,,,,
    mudah2an sebelum akhir tahun bisa ke Banda Aceh….

  17. Rizky pratama permalink

    Asalamualaikum,saya berasal dari Aceh singkil,saya sangat mengagumi masjid Baiturrahman yan megah itu,waktu saya pergi ke sana Subhanallah,luar biasa indah nya,bersih walaupun banyak wisatawan yang ada di pekarangan masjid namun tak ada sehelai sampah pun yang di temukan,masjid yg megah dan indah ini menjadi saksi buta kedahsyatan tsunami tahun 2004 silam,semoga Masjid ini tetap kukuh dan semakin indah.dan menjadi kebanggaan orang banyak khusus nya masyarakat Atjeh.I LOVE NANGGROE AJTEH DARUSSALAM

    RIZKI PRATAMA

  18. hambaAllah permalink

    Memori tsunami begitu menginsafkan… Semoga masjid ini kukuh di bawah rahmat Allah… Aminn

  19. m.chaidir permalink

    bang artikel saya pakai. untuk penulisan tugas akhir kuliah saya , makasih sebelumnya

  20. islam selalu taqwa kepada allah swt,takut karna allah.

  21. Sukses selalu ya. Mari kita galakkan kehidupan beragama lagi

  22. Tambah ilmu nih saya

  23. Salam kenal kembali B Purwo…
    Mudah-mudahan Mesjid ini tetap agung dan megah sepanjang masa seperti harapan kita semua. Kita menantikan tulisan B Purwo tentang mesjid ini… :)

  24. poerwo permalink

    Ass.wr.wb. Bang Boy, salam kenal
    semasa pasca bencana saya tinggal di Aceh sd 2004, salah satu tempat yang saya kagumi dan hormati adalah Mesjid ini, barangkali salah satu kebanggaan kita ya, karena jarang Masjid yang tertata murni untuk kegiatan masjid dengan lapangan terbuka yang sangat pas. tidak penuh seperti di Al Ashar Jakarta, yg sebenarnya bagus, tetapi jadi kumuh untuk sekolah tk sd perguruan tinggi, sayang dan macet penuh parkir dan K5, tidak lagi monumental, tidak lagi anggun dan agung, banyak bisnis. Semoga Masjid ini tetap terjaga, karena keindahan arsitektur dan open space. saya ingin nulis tentang arsitekturnya, tetapi waktu di Banda, cari gambar site plan dan design di masjid tidak ada, semoga dapat tersimpan sebagai bagian dari aset nasional kita, Terima kasih sekali bang, Amien, salam hormat, wassalam, poerwo

  25. thex bung buat infonya….. “JAS MERAH” :)

  26. Makasih ya info@…

  27. Deni DC permalink

    tambah foto setiap perubahan masjidnya bang…

  28. bagus ya masjidnya…

    semoga suatu saat aku bisa ke sana

  29. Blog yang informatif. Bagus dan bermanfaat untuk dibaca. Kunjungi juga Semua Tentang Pakpak di GETA_PAKPAK.COM
    http://boeangsaoet.wordpress.com

  30. Masjid Raya Baiturrahman pertama kali dibangun Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 Masehi dan dinyatakan sebagai masjid negara sekaligus diberi nama Baiturrahman.

    bangunan pertama dibangun dengan bahan dasar kayu, pada saat pembangunan kayu2 masjid disumbangkn dr berbagai kec dr aceh besar. pengangkutan kayu dengan mengunakan raket diangkut lewat krueng aceh. namun dalam perjalan disungai ada tiang kayu yg turun dr raket dikawasan Indrapuri tepat’a di gampong grot di tuwie bak kuta.
    shg tertunda pembangunan’a krn hrs menunggu tiang pengganti yg dikirim dr Lhoknga.

    tapi skrng tiang yg hilang disungai itu skrng sudah ditemukan oleh warga setempat disebuah saluran pembuangan air dr sawah ke sungai. tiang itu masih utuh, pahatan tuk tempat kayu atas mash terlihat dg jelas.
    tiang itu menjadi sebuah bukti sejarah bahwa mesjid raya baiturrahman dulu dibuat dengan bangunan kayu.

  31. Iya, itu kan aku baru belajar ngeblog, jadi masih banyak kekurangan kekurangan termasuk cara copy pastenya. Makluk aku anak udik… hehehe
    Sekarang kan udah lumayan bagus kan?
    Thank atas kritikannya. Salam Aneuk Nanggro

  32. aneuk.nanggroe permalink

    copy pastenya ko g cerdas ?

  33. Hi, thank you to visit my blog and don’t forget to visit againt.
    I also visit your blog, that you seem very fat, but after following the steps so that you lean/slim seem so very beautiful.

  34. Hi, cool post. I have been wondering about this issue,so thanks for posting. I will probably be subscribing to your posts. Keep up great writing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: