Lanjut ke konten
Tags

PRIA MEMILIKI SELERA SAMA TENTANG WANITA

12 Juli 2009

Pria tampaknya punya selera rata-rata tentang wanita yang menarik atau tidak menarik. Contohnya, menurut pria, wanita yang menarik adalah yang bertubuh tipis dan menggairahkan (atau kalau di Indonesia, putih dan berambut panjang). Sedangkan wanita tidak memiliki patokan khusus mengenai seperti apa pria yang dianggap menarik. Hal ini tentu melegakan kaum pria, terutama yang sadar bahwa mereka tidak bertampang keren. Namun hal ini menyebabkan kompetisi di kalangan wanita-wanita seksi menjadi lebih ketat. Demikian menurut hasil penelitian Dustin Wood, psikolog dari Wake Forest University di North Carolina.

Penelitian yang dilakukan tim Wood melibatkan lebih dari 1.300 pria heteroseksual, 2.700 wanita heteroseksual, serta 125 pria dan 125 wanita homoseksual, dengan rentang usia antara 18-70 tahun (usia rata-rata 28 tahun). Setiap partisipan diminta menilai 100 foto pria dan wanita, tergantung pada jenis kelamin dan orientasi seksual mereka. Setiap foto dinilai dengan skala 1-10, dari “tidak menarik sama sekali” hingga “sangat menarik”.

Sebelumnya, para peneliti telah menilai masing-masing subyek foto dalam berbagai faktor, seperti menggairahkan, percaya diri, kurus, sensitif, stylish, bertubuh berlekuk (wanita), berotot (pria), tradisional, maskulin/feminin, berkelas, terawat, atau lemah.

Hasil studi
Meskipun ada studi lain yang mendapati bahwa pria modern lebih tertarik pada wanita cerdas dan berpendidikan dalam dekade terakhir, dalam studi baru ini terlihat pria cenderung mendasarkan ketertarikan mereka terhadap wanita dari fitur fisiknya, dengan memberikan tanda bintang pada wanita yang tampak ramping dan menggairahkan. Kebanyakan pria yang menjadi responden juga menilai bahwa wanita (dalam foto) yang terlihat percaya diri juga lebih menarik.

Di pihak lain, rata-rata wanita menunjukkan ketertarikan pada pria yang ramping namun berotot. Namun mereka terlihat tidak “kompak” mengenai faktor keseksian pria. Misalnya, satu sosok pria (dalam foto) bisa dinilai “sangat menarik” oleh sebagian wanita, namun sebagian yang lain bisa menilainya “tidak menarik sama sekali”.

Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi para peneliti. Apakah pria sepakat dengan penilaian mereka tentang apa yang membuat seseorang terlihat menarik, atau ada sesuatu pada foto tersebut yang menyebabkan pria menilainya dengan cara tertentu? Untuk mencari tahu jawabannya, para peneliti mencoba mengamati rating yang dilakukan kaum homoseksual. Ternyata, pria homoseksual menunjukkan kesepakatan yang lebih tinggi mengenai tingkat daya pikat pada foto-foto pria, daripada wanita normal yang menilai foto-foto pria yang sama. Sedangkan pria normal juga menunjukkan kesepakatan yang lebih daripada kaum lesbian dalam memberikan rating pada foto-foto wanita.

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Personality and Social Psychology edisi bulan Juni ini ternyata mempengaruhi keputusan pria dan wanita saat berkencan. Sebagai contoh, karena memiliki selera yang berbeda, para wanita menjadi tidak perlu bersaing dengan wanita lain. Sementara pria harus bersaing ketat dengan pria-pria lainnya, karena kerap tertarik dengan wanita yang sama. Pria homoseksual membutuhkan lebih banyak waktu dan energi untuk menjaga agar pria incaran mereka tidak terpikat pria lain. Tak jarang, mereka harus menghabiskan banyak uang untuk memikat pria.

About these ads

From → wanita

4 Komentar
  1. Kan semua tergantung bgm kita melihatnya…:-D

  2. Dewata Yugo permalink

    hmm … kalo menurut saya sih … ketertarikan awal pria terhadap wanita itu memang dari fisiknya dulu … Ibaratnya … wanita yang menarik sudah punya modal 50% dalam memikat pria … Kalo posisinya dibalik … maka pria yang punya fisik yang keren … paling cuma dianggap 10% doang … Tapi itu menurut saya aja yah … hehehe … :D

  3. Ya juga sih tapi itu kan secara umum aja.
    Thank mas. Semoga silaturrahmi selalu terjaga…:)

  4. Menurut saya pasti ada perbedaan selera walau kecil, bisa dalam fisik atau kepribadian.

    Link sudah di add mas. Makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: