Skip to content

SEPEDA ALTERNATIF TRANSPORT MASA KINI

21 Oktober 2009

Sepeda merupakan alat transportasi yang pertama lahir sejak lebih kurang 2 abad lalu dan telah digunakan baik oleh pembesar maupun rakyat biasa. Pada abad ke 18 sepeda menjadi pembeda antara orang orang berada dan mempunyai kelas sosial tertentu di masyarakat.

Perkembangan zaman terus bergulir dari waktu ke waktu dan pertumbuhan alat transportasi pun semakin canggih. Alat transportasi yang lahir seperti sepeda motor sampai kereta api cepat, pesawat terbang sampai jet, dan mobil dengan speeds di 300 per jam, menyebabkan sepeda jadi tertinggal bagi penggunanya.
Namun sejak akhir abad 19, di negara negara yang tingkat polusi tinggi kembali melirik sepeda sebagai alat transportasi seperti Jepang, China, Amerika Serikat, Negara negara Eropah, termasuk Indonesia.
Sekarang ini di Indonesia sudah diadakan hari bersepeda terutama di Jakarta dengan menyediakan fasilitas untuk sepeda seperti tempat parkir dan ke depannya akan di bangun jalan khusus untuk sepeda. Ini sungguh menggembirakan karena banyak manfaat yang dapat di peroleh dengan bersepeda.
Antaranya badan menjadi sehat karena mendayung sepeda akan menggerakkan semua otot otot badan dan mengeluarkan keringat, tingkat polusi udara tidak terjadi karena sepeda tidak melakukan pembakaran sehingga tidak ada buangan karbon, dapat menghemat space parkir karena bentuknya yang kecil, hemat biaya operasionalnya terutama tidak memakai bahan bakar minyak (BBM), biaya perawatan yang murah karena hampir semua onderdilnya murah harganya.
Mungkin untuk ke depan sepeda kembali menjadi primadona bagi manusia sebagai alat transportasi walaupun hanya untuk pilihan ke dua.
Foto salah satu orang yang sejak dulu sampai sekarang tetap menggunakan sepeda… maukah anda pengikutnya?

About these ads

From → opini

Tinggalkan sebuah Komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: