Skip to content

SIWAK SUATU SUNNAH

9 Maret 2009

Siwak dalam kamus diartikan sikat gigi. Menurut hadits siwak adalah membersihkan mulut, sebagimana sabda Nabi : “Siwak itu membersihkan mulut dan pekerjaan yang diridhai Allah” Riwayat Ahmad dan Nasai.

Di dalam mulut terdapat salah satu organ tubuh yaitu gigi, sebagai alat pengunyah dan pelunak makanan. Karenanya gigi harus dipelihara dan dijaga kebersihannya sehingga terhindar dari penyakit. Membersihkan gigi dalam Islam disebut siwak.

Adapun saat-saat yang dianjurkan untuk bersiwak :

Siwak sebelum dan saat bangun tidur. Nabi membiasakan melakukan siwak sebelum dan sesudah tidur sebagaimana sabdanya : “Dari khudaifah ra, telah berkata: adalah Rasulullah SAW bila bangun tidur senantiasa membersihkan mulutnya dengan siwak” Riwayat Jamaah kecuali Turmudhi. Dan “Dari khudaifah ra, telah berkata: Kami diperintahkan bersiwak apabila bangun tidur” Riwayat Nasa’i.

Siwak dikala wudhuk. Nabi memerintahkan agar membersihkan gigi di waktu sebelum wudhuk dengan sabdanya “Dari Abi Hurairah ra, dari Nabi SAW berkata: Kalau tidak memberatkan atas umatku, aku akan memerintahkan mereka bersiwak pada setiap kali wudhuk”. Riwayat Ahmad.

Siwak waktu berpuasa. Bolehkah bersiwak bagi yang berpuasa? Ada sebagian ulama berpendapat bahwa bersiwak itu makruh bagi yang sedang berpuasa setelah tergelincir matahari dengan alasan hadits Nabi : “Dari Abi Hurairah ra. Dari Nabi SAW bersabda: Bahwasanya bau mulut orang berpuasa itu lebih baik pada sisi Allah daripada harumnya minyak kasturi (wangi)”. Riwayat Muttafaq Alaih. Sebagian ulama berpendapat bahwa disunatkan bersiwak bagi orang yang berpuasa, pada permulaan siang dan akhirnya, berdasarkan hadits Nabi “Dari Aisyah ra. Berkata: bersabda Rasulullah SAW, dari sebaik-baik budi-pekerti orang berpuasa adalah bersiwak”. Riwayat Ibnu Majah.

Bersiwak bukan hanya pada waktu-waktu itu saja tetapi masih banyak tempat agar kita selalu menjaga kesehatan gigi, seperti habis makan. Kesehatan di dalam Islam juga mencerminkan kuatnya iman karena jika bersih tentu sehat. Bersih itu sebagian dari iman. Wallahu’aklam.

Sumber: Nailul Authar.

Iklan

From → agama

2 Komentar
  1. Assalamualaikum…..

  2. minta copy dikit ya izin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: