Skip to content

HIDUP SEHAT DENGAN MAKANAN ORGANIK

14 Maret 2009

Hidup adalah kehidupan. Jika dapat eksis dalam kehidupan ini maka akan memperoleh arti dan tujuan hidup, dimana kita dapat mengisi dengan sempurna untuk mengabdi baik kepada Allah swt maupun sesama manusia (hablum minallah dan hablu minan nas). Salah satu faktor yang dapat menunjang ini semua adalah kesehatan. Kesahatan termasuk hal yang sangat penting karena jika kita tidak sehat maka segala aktivitas hidup tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk menjaga agar tubuh selalu sehat maka kita butuh suatu pola yaitu pola hidup sehat. Untuk mendapatkan ini kita harus melakukan olah raga yang teratur, tidur yang cukup, menghilangkan stress, makan yang teratur dan penuh gizi, dll.

 Salah satu penunjang hidup sehat adalah makanan. Makanan adalah sumber energi bagi tubuh kita. Memilih makanan yang cocok bagi tubuh adalah sangat penting agar tubuh mendapat energi seimbang. Dewasa ini, salah satu pilihan untuk makanan adalah makanan organik yaitu makanan yang ditanam dilahan khusus, tidak terkontaminasi/memakai pupuk, pestisida, dan bahan-bahan kimia lainnya.

Adapun keuntungan mengkonsumsi makanan organik antara lain :

1. Organik selalu aman dan baik bagi lingkungan. Organik memang ditanam di tanah yang tidak terkontaminasi kandungan kimia atau disiram dengan pestisida dan jenis zat kimia lain seperti halnya lahan pertanian biasa.  Namun begitu, sejak lahan pertanian organik hanya memproduksi setengah  dari produksi pertanian konvensional. Penanaman organik menjad memboroskann lahan dalam penanaman buah dan sayuran.
Dennis Avery dari Hudson Institute’s Center for Global Food Issues memperkirakan pertanian sistem modern menghemat hingga 15 juta meter persegi pembukaan hutan dan habitat binatang liar.  Jika seluruh dunia harus memilih penanaman organik, kita harus mengorbankan hutan hingga 10 juta mil persegi hutan.
2. Organik lebih banyak mengandung nutrisi.
Tumbuhan yang dihasilkan dari proses organik mengandung banyak nutrisi yang cukup baik bagi tubuh. Serta banyak mengandung zat-zat yang menjadi obat bagi suatu penyakit seperti banyaknya kadar anti-kanker yang dikandung oleh jagung dan strawberry, banyak kandungan vitamin C dalam buah tomat, dll. Namun yang menjadi perbedaan kandungan nutrisi yaitu berapa lama di tanam dan disimpan.
3.  Organik lebih enak rasanya. Tidak ada yang bisa mengungkapkannya kecuali  dalam sebuanh penelitian tentang apel, di mana yang jenis organik memang lebih unggul. Untuk mendapatkan rasberries yang rasanya lebih alami atau asam-manis, Anda harus membelinya di tempat buah itu ditanam, pada musimnya dan tidak disimpan dalam jangka waktu lama.   Kenyataannya, buah atau sayuran tidak akan lagi dalam kondisi terbaiknya bila sudah melewati penerbangan yang lama atau melewati proses pelapisan.  Belum  lagi bila harus tersimpan selama seminggu di pasar atau toko.
4.  Tak perlu dicuci terlalu bersih seperti makanan biasa. Seluruh produk organik, apakah  dibeli dari toko grosir atau petani lokal di dekat rumah anda, maka tidak perlu dicuci terlalu lama atau baik dicuci dengan air yang mengalir sehingga kandungan nutrisi tetap terjaga.
5. Memakai organik = membantu petani kecil atau perusahaan serta ramah lingkungan. Ini banyak dilakukan oleh pengusaha makanan organik seperti perusahaan  General Mills memiliki Cascadian Farms, Kraft berada di belakang Back to Nature dan Boca Burger. Kellogg’s  memiliki Morningstar Farms.
Sekarang banyak yang telah beralih untuk mengkonsumsi makanan organik ini karena telah terbukti lebih banyak manfaat bagi tubuh dibandingkan mengkonsumsi makanan biasa yang tentu banyak mengandung racun atau pestisida yang dapat menimbulkan banyak penyakit. Makanan organik juga dapat menjaga lingkungan bebas kontaminasi atau ramah lingkungan. Makanan organik selain yang dikonsumsi langsung/segar juga tersedia dalam bentuk olahan atau dikemas berupa pil. Ini dapat diperoleh dipasaran.

Dari berbagai sumber

Iklan

From → kesehatan

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: