Skip to content

JENGGOT DAN KUMIS

7 April 2009

Mantap kan?

Mantap kan?

Jenggot merupakan mahkota yang berupa rambut yang tumbuh di dagu dan kumis adalah bulu yang tumbuh di atas bibir di bawah hidung setiap laki-laki pada umumnya. Bangsa Arab termasuk salah satu bangsa di dunia yang penduduknya banyak mempunyai jenggot dan kumis disertai jambang. Ada kalanya laki-laki suka memelihara jenggot dan ada juga yang suka memelihara kumis. Jenggot dan kumis dapat menampakkan bahwa laki-laki itu macho, ganteng, wibawa dan menggoda bagi lawan jenisnya. Jika laki-laki tidak mempunyai salah satunya maka wajahnya bagaikan bulan purnama saja, bagai wajah perempuan, hambar dan sepi. Ini tidak ada daya pikat bagi setiap orang yang melihat.

 

Orang-orang pada umumnya lebih senang memelihara kumis karena merupakan salah satu daya tarik, terutama bagi wanita, juga terkesan penuh wibawa serta seram.  Kumis dapat menciptakan suatu image bahwa laki-laki itu tidak bertanggungjawab, punya power yang selalu disalahgunakan, banyak menciptakan keonaran. Contohnya Hitler, George Bush, Stalin, dan lain-lain. Sedangkan jenggot yang disertai jambang, maka kesannya lebih tertuju kepada kebaikan, persaudaraan, dan bertanggungjawab. Tindakannya selalu tepat, aksinya selalu menguntungkan banyak orang, rasa sosialnya tinggi dan lainnya, contohnya para sahabat Rasul SAW, ulama-ulama terkemuka, Osama bin Laden, alm Ali Khameini, Mahmud Ahmadinejad, dll.

Dalam agama Islam memelihara kumis hukumnya makruh karena dapat mengganggu syahwat wanita sedangkan memeliha jenggot dengan jambang hukumnya sunat. Nabi saw bersabda :”Potonglah kumis dan panjangkan jenggot, berbedalah dengan orang-orang Majusi”. (Sahih Muslim No.380).

Zaman sekarang memang banyak orang suka memelihara kumis dibandingkan memelihara jenggot beserta jambang, ini terjadi mungkin karena tidak tahu atau disengaja, pada hal Nabi saw telah menjelaskan tentang hal ini.

Iklan

From → agama

4 Komentar
  1. Benar, tergantung siapa yang menikmati… 😀

  2. Echi permalink

    Saya meu komen, dari sisi lain Semua yang Allah Ciptakan pasti Ada fungsi dan maknanya,tergantung dari sudut pandang dan isi kepala masing2,Orang berkumis itu membawa wibawa dan kepribadian(karakter) seseorang yang tentunya tidak bissa didramatisir yang berkumis,berjenggot itu serem galak dll.Banyak kok yang tidak berkumis lebih galak dan sadis,di penjara kebayakan orang yang klimis tak berkumis. Orang yang berkumis,berjenggot bahkan lebih romantis dan ada SESASI yang berbeda dibanding yang klimis.Tidak percaya buktikan sendiri.

  3. Sunnahnya itu kan dalam hal berbeda dengan orang Yahudi, bukan janggutnya.

  4. Bismillah,
    Terima kasih comment ke blog saya,
    Malah jenggot hukumnya wajib… ada beberapa artikel lagi mengenai jenggot… ditunggu commet nya lagi. Jazakallahu khoir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: