Lanjut ke konten

PERAWATAN RAMBUT

7 April 2009

Rambut adalah mahkota bagi setiap insan dan memberi kontribusi lain terhadap penampilan anda. Jika rambut anda indah dan terawat rapi maka anda akan merasa lebih nyaman baik bagi wanita maupun para pria, tetapi jika anda mengalami sesuatu pada rambut, misalnya kerontokan, pecah, patah-patah, kusam, dan lain-lain, akan membuat anda cemas terhadap penampilan anda.

Dibawah ini akan saya sajikan beberapa tip merawat rambut agar tetap sehat:
1. Periksakan apakah rambut anda rusak. Untuk memeriksa apakah rambut anda rusak, jatuhkan sehelai rambut ke dalam secangkir air dan ketuk-ketuk cangkir tersebut untuk menguraikan ketegangan permukaan air. Jika rambut tenggelam maka rambut tersebut rusak,rambut ‘rusak’ biasanya kering dan keropos. Perbaikilah kondisi tersebut dengan menggunakan conditioner. Jika rambut terapung, lanjutkan dengan perawatan rutin rambut yang anda lakukan.

2. Bila Anda keluar rumah antara pukul 9 pagi hingga 4 sore, pakailah topi atau payung, sekalipun cuaca mendung, sebab paparan sinar matahari tetap ada. Jika Anda harus beraktivitas, pilihlah tempat yang teduh.
3. Setelah berenang di laut atau di kolam renang, segeralah cuci rambut Anda. Kemudian setelah itu pakailah conditioner karena kaporit dan garam bisa menyebabkan rambut menjadi kering atau pecah. Cobalah untuk memakai leave in conditioner yang mengandung UV absorber.
4. Agar terhindar dari rambut kusut yang menjengkelkan, oleskan conditioner ke sela-sela rambut dengan menggunakan sisir dengan bagian penyisir yang lebar. Biarkan selama tiga menit dan kemudian bilas.

5. Gantilah kelembaban alami rambut yang hilang dengan menggunakan masker rambut sehabis keramas, sebelum memakai conditioner.
6. Sehabis keramas, gunakan sisir bergigi jarang untuk merapikan rambut yang basah, menyisirnya dari ujung rambut, perlahan-lahan meningkat ke atas.
7. Kurangi pemakaian hair dryer agar rambut tidak kering tetapi bila memang Anda harus buru-buru dan harus memakai hair dryer, usahakan agar jaraknya tidak terlalu dekat dengan rambut.
8. Bila rambut Anda panjang, pakailah conditioner dengan kelembaban yang cukup secara teratur, karena kandungan nutrisi dan pelembab dalam conditioner dapat memberi perawatan secara maksimal hingga ke ujung rambut.
9. Potong rambut secara teratur, setiap 3 bulan sekali agar ujung-ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang, pecah-pecah atau kering.
10. Saat musim panas, rambut biasanya lebih sering rontok. Oleh karena itu pakailah produk pencegah rambut rontok. Lakukan creambath di salon atau di rumah Anda sebulan sekali.

11. Untuk gaya rambut bervolume tinggi yang besar, putar rambut anda ke atas dan kebawah, gunakan krim rambut mousse atau jel atau hairspray dan keringkan ke arah bawah, balikkan kembali rambut anda untuk memperoleh bentuk gaya rambut seperti yang anda inginkan.

12. Apa yang anda makan dapat memberikan dampak besar terhadap kondisi rambut anda, kulit anda dan bagian lain penampilan fisik anda.

Info penting:

Inilah saatnya untuk menerima bahwa ada sejumlah praktek pengaturan gaya rambut yang tidak baik untuk rambut anda. Misalnya, meluruskan rambut keriting dan bergelombang dengan menggunakan alat pelembut dan pelurus terbuat dari botol dapat merusak kesehatan rambut anda. Sebagian besar produk di pasaran menggunakan perpaduan antara kaustik soda (sodium hydroxide) dan emulsifier untuk menguraikan ikatan kimia pada rambut keriting kemudian membentuknya kembali sehingga rambut tampak lurus. Namun, jika anda membiarkan larutan terlalu lama pada rambut anda, maka rambut anda akan rontok dan dapat membakar kulit kepala anda, jadi berhati-hatilah menggunakannya!

From → kesehatan

26 Komentar
  1. bagus bloknya sangat membantu,, kalau boleh sran bisa di buat menarik lagi untuk tampilanya, agar tambah siiip.thanks.

  2. YUSI ARIANDIK PROSWATI permalink

    assalamu’alaikum,nutrisi apa yang bagus untuk rambut kering dan sampo khusus utk rambut patah.

  3. mymoet yolanda permalink

    mksh

  4. mymoet yolanda permalink

    mau tnya nich….
    wktu it gw prnah lurusin rambut pake strika tpi cma 1x….dr gw lurusin rambut pke strika it rambut gw jadi kembg bgt, udh gtu kering.
    udh gw cba brbagai cra buat kmbaliin rmbut gw jd shat tpi ga’ bsa2 ampe harus potong rambut brkali2 ttp jga ga bisa..kira2 gmna ya cara ngatasinnya spaya rmbut gw jadi lembut halus lagi???mhon solusi yach plend

  5. terima kasih atas informasinya yang sangat berguna ini

  6. Ok nih infonya.. Aku dari dulu pengen punya rambut panjang tapi nggak bisa2, mungkin karena salah perawatan kali ya..
    Thanx..:)

  7. d'lizkha permalink

    gmn ya cr tuk rmbut tdk rntok n patah2,,,,
    sy pngen bnget rmbut sy lbat n
    lbh pnjang dr rmbut sy yg skrang,,,
    mren sy da nnya2 jg ma kwn2
    6 bln sx d rpikan..
    dah sy lkukan tp hsl sm ja,,,
    gak da prbhan..
    kdang@ wkt sy liat rmbt rntok rs@ mau nngis,,
    krn d blang ma kwn2 sy pnykitan,,,

    jd sy tkut,,,
    trma ksh….

  8. rika permalink

    gimana sih??
    caranya mengatasi rambut rontok aku?
    makin parah setelah 2 bulan yang lalu setelah rambut aku potong pendek dari yang panjang lurus.

  9. Silakan kunjungi blog sehat di http://www.wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

  10. nia permalink

    thx uuu kak..
    kak, rambut saya ngembang bgt dan kering nih.. gimana ya cara biar gak ngembang bgt..?
    blh bls kaak?

  11. theta permalink

    tq eah…

  12. nita pusporini aryanti permalink

    creambath apkh bnr bs mengurangi ato mencegah rambut rontok?ato shampo2 tertentukah?rambut aq rontok dah lama nich……………….

  13. Linda alfiani permalink

    Aq pake sampo baby bgs ngga,mslhnya smpo biasa blm ktmu yg cocok.Kl pake conditioner kok rambut jd lepek y.

  14. Kalo keramas tiap hari bgs g y? Coz kalo g cuci tiap hari rmbt jdny lepek.

    Nambahin dikit, ktny mkn kacang ijo bgs u/ kesuburan (kesehatan?) rambut.

  15. Okky permalink

    wah bole juga tu … saya coba dehh.. makasih bos !

  16. lia permalink

    Thank….pa boy tips2nya dah aq ikutin jadi aga mendingan ga terlalu kering….apalagi aq dah ga jadi mandor lg. nuhun pisan

  17. suparman permalink

    ada lagi ga nich cara yang paling mudah wat numbuhin rambut aq yang dah rontok depannya. mungkin ada cara-cara tradisional yang bisa saya lakukan tanpa obat-obatan yang mahal itu. trim’s

  18. felly setyorini permalink

    Mksih infox…ternyata gmpang jg ya urusin rambut…..
    scrakn rmbutq pnjang tp,sempet kering n rontok…..

  19. lia permalink

    Aduh say aq jg lg pusing urusan rambut nich soalnya gwe lg jadi mandor bangunan. Rambutkoe jd kering n pecah2………..jadi kga pede, makasih ya tips2nya

  20. rambut saya mengalami kebotakan sudah beberapa tahun namun saya belum menemukan solusinya dan saya menginginkan rambut saya tebal seperti dulu tolong donk saran solusinya makasih…

  21. dian permalink

    rambut saya rontok dan mengembang. saya sering memakai minyak rambut agar rambut tidak mengembang. rambut saya kering dan sangat susah di atur. apakah ada tips khusus agar rambut saya lembut, jatuh terurai dengan indah. saya sering melakukan perawatan menggunakan santan dan kemiri. saya juga sering menggunakan condisioner kelapa. tapi rambut mengembang dan susah di atur masih tidak berubah. tolong bantu saya mengatasi masalah rambut saya ini. makasih sebelumnya

  22. nietha permalink

    kak…
    caranya bwad rambut jatuh ke bawah n gag nghembang gimana kak???
    sama cara bwad memperbanyak helai rambut???
    blz.makaci

  23. Untuk rambut cepat tumbuh dan sehat, ada beberapa tip yang perlu anda lakukan 1. Usahakan untuk memperlancar aliran darah di kulit kepala, pijat kulit kepala 5-10 menit. 2. Bersihkan kotoran yang menempel pada kulit kepala sehingga rambut tidak berminyak atau lembab, tentu dengan memakai shampoo yang cocok dan condisioner. 3. Potong rambut 5 minggu sekali dan potong ujung2 yang pecah. 4. Memakai obat-obatan yang untuk merangsang pertumbuhan rambut.
    Sumber: baca2

  24. aveganteng permalink

    Mz, lha kalo saya pingin rambut saya cepet tumbuh tuh gimana caranya ?
    aku cowok… pingin punya rambut emo gitu
    bales y

  25. Get, terimeng genaseh ateuh kunjungan bak blok nyo. Mudah-mudahan selalu persaudaraan selalu terjaga.

  26. assalamu’alaikum, salam kenal dan persaudaraan, terimang geonaseh atas info nya sangat berguna banget,

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

