Skip to content

FACEBOOK HARAM? (ANALISAKU)

24 Mei 2009

FBFacebook (fb) adalah situs jejaring sosial yang sangat populer di dunia untuk saat ini, tak terkecuali Indonesia yang hampir 900 ribu penggunanya baik tingkat kanak-kanak sampai nenek-nenek, ekonomi lemah sampai kelas atas, dari buruh sampai orang-orang penting, semuanya meminati facebook. Hampir tiap detik para pengguna mengupdate-nya dengan berbagai tujuan.

Para pengguna tidak menyadari sepenuhnya apa fungsi utama jejaring ini, secara sepintas kita melihat bahwa fb membeikan suatu kemudahan bagi penggunanya untuk menjalin silaturrahmi dengan teman atau kerabat, atau siapa saja. Kita disuguhi pula berbagai produk melalui iklan sehingga memudahkan untuk mendapatkan sesuatu yang dibutuhkan. Juga informasi hangat yang selalu diberikan oleh sebuah grup tertentu, dikirim baik melalui email atau update-nya. Fb dapat dijadikan obat pelepas lelah dalam bekerja.

Namun para pengguna secara tidak sadar atau sengaja memanfaatkan jejaring ini untuk melakukan hal-hal yang dilarang, pacaran, menjaja sex, mengadu domba, hujat, fitnah, profokasi, dll. Ini semua berdampak buruk baik untuk pengguna maupun bangsa. Misalnya melakukan polling “No Mega” atau sejuta facebooker dukung SBY, grup-grup tertentu dan lain-lain. Semua prilaku ini dapat mempengarui keutuhan suatu bangsa atau modal awal perpecahan. Bila ini terus berlanjut maka fb tidak menarik untuk dinikmati karena memberikan kesan yang tidak baik yaitu bukan ajang sosial tapi berubah fungsi sebagai ajang perpecahan.

Untuk mengantisipasi hal ini maka MUI akan mengkaji sejauhmana fb dapat digunakan sebagai sebuah jejaring sosial yang bermanfaat untuk kebaikan sehingga para pengguna lebih terarah dan terdidik dalam rangka membangun diri dan bangsanya. Saya salut atas tindakan MUI yang selalu peduli terhadap sesuatu yang dapat memecah belah umat (khususnya umat Islam) dan saya setuju jika MUI memfatwakan fb dengan kajian yang mendalam tentunya.

Iklan

From → opini

4 Komentar
  1. Memang akhirnya pihak MUI tidak jadi mengeluarkan fatwanya… sekarang kan tergantung pengguna aja.

  2. semua itu hanya oknum…masih banyak koq yang make buat hal2 positif..malah jadi ladang rejeki karena jualan via facebook..semoga MUI lebih bijak lagi….

    http://sendit.wordpress.com

  3. yah kan pengguna facebook g semuanya menyalahgunakan situs ini.
    contohnya barack obama kan sukses menjadi presiden as juga berkampanye lewat facebook.
    jadi tidak sepantasnya FB itu diharamkan.

    CHEERS !!!

    SAVOWEN

  4. menurut fatwa yg sempat dikeluarkan oleh para ulama di jatim kemarin2 memag dikhawatirkan dalam fb timbul suatu hubungan pertemanan yang berlebihan antara cewe dan cowo khususnya yang bukan mahromnya. memang sesuatu yang berlebihan itu tidaklah bagus. dan juga, agama telah mengatur akhlak/adab pergaulan diantara lawan jenis. jadi kesimpulannya, ya tergantung bagaimana usernya yang menggunakan fb, niat dan tujuannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: