Skip to content

PENGALAMAN MENGGUNAKAN LAYANAN TELKOMSEL

5 Juni 2009

PT. TELKOMSEL merupakan salah satu operator telekomunikasi seluler ternama di Indonesia. Perusahaan ini lahir dari rahim sebuah BUMN, tepatnya pada tanggal 26 Mei 1995 untuk melayani kebutuhan penduduk, khususnya bidang telekomunikasi dari Sabang sampai Meurauke dan 26 Mei 2009 genap berusia 14 tahun. Untuk dapat melayani, TELKOMSEL membangun base transceiver station (BTS) yang mencapai 22 ribu lebih sehingga dapat menjangkau seluruh wilayah pelosok di Indonesia, dengan semboyan  “TELKOMSEL mempersatukan bangsa”. Tehnologi yang digunakan oleh TELKOMSEL juga merupakan yang pertama di Indonesia dan Internasional yaitu Konsep Remote Solution System, menggunakan GSM Pico IP (Internet Protokol) Via Satelite. Untuk saat ini rakyat Indonesia sudah bebas dari terisolirnya arus informasi baik antar penduduk maupun dunia luar karena TELKOMSEL telah mendekatkan kita, dengan  berbicara, melihat, dan menikmati, sesuai mottonya “begitu dekat begitu nyata”.

TELKOMSEL menawarkan produk yaitu pascabayar (Kartu HALO) dan prabayar (Kartu Simpati dan AS). Produk ini dapat digunakan oleh konsumen baik untuk bicara maupun layanan lain seperti SMS, MMS, GPRS, Vidio Call, t-cash, Flash, dan lainnya.

Perkenalan dengan TELKOMSEL berawal dari seorang teman menawarkan Handphone lengkap dengan kartunya (yang ia pakai), sekitar tahun 2003. Saya tidak tahu sama sekali tentang handphone dan TELKOMSEL, namun teman memberikan penjelasan bahwa ada alat dan operator yang menyediakan layanan untuk memudahkan berkomunikasi dengan siapa saja baik nelpon maupun SMS, dalam wilayah Aceh atau dengan daerah lainnya di Indonesia serta mudah dibawa kemana-mana karena tidak pakai kabel. Sejak saat itu saya tahu handphone dan menggunakan jasa operator seluler yang bernama TELKOMSEL, sebelumnya saya hanya memakai jasa telegrap dan pos untuk berkomunikasi.

Pertama kali memakai jasa TELKOMSEL adalah kartu prabayar Simpati (beli bersama dengan HP). Pada saat itu tarif yang ditawarkan cukup mahal apalagi memakai kartu luar Aceh, kebetulan saya memakai kartu dengan nomor area Medan. Seterusnya saya ganti dengan kartu simpati untuk area Aceh, pemakaian kartu simpati bertahan lebih kurang 1 tahun. 

Saat menggunakan kartu simpati, TELKOMSEL belum banyak menyediakan fitur-fiturnya seperti sekarang ini. Jaringan yang dimiliki juga belum maksimal serta kapasitas yang tersedia masih sangat terbatas. Banyak kekurangan yang terjadi (tapi… saya sudah lupa). Yang masih teringat yaitu ketika ingin mengisi pulsa, susah mendapatkan voucer serta nominalnya besar. Singkatnya, layanan untuk saat itu kurang memuaskan.

Pasca gempa dan stunami yang melanda Aceh dan Nias tahun 2004, saya beralih memakai  kartu AS. Sejak menggunakan kartu AS yang bertahan sampai sekarang tidak banyak kendala yang terjadi karena TELKOMSEL terus berkembang, dengan memperluas jaringan serta meningkatkan kapasitasnya. Banyak fitur-fitur yang ditawarkan atau fasilitas yang dapat saya nikmati selain nelpon dan SMS, seperti MMS, tranfer pulsa, GPRS, Internetan, 3G, telpon internasional, community school, chat box dan lain-lain.

Menggunakan layanan telpon dapat dilakukan kapan dan dimana saja (dipelosok sekalipun) tanpa batas dan kendala, internetan via HP sangat cepat dengan layanan GPRS dan HSDPA, serta 3G (vidio call) yang menampilkan gambar di depan mata dengan tarif telpon (walaupun masih terbatas). Tarif yang ditawarkan sangat murah buat nelpon baik sesama Telkomsel maupun operator lain, dan tetap murah untuk layanan fitur lainnya. Mengisi pulsa juga cukup mudah karena banyak penjual serta stock yang tersedia selalu mencukupi baik voucer maupun elektrik dengan nominal yang kecil sampai besar serta dapat dilayani melalui ATM. Saya akui bahwa pelayanan untuk sekarang ini cukup memuaskan, TELKOMSEL is the best.

Untuk layanan internet to Computer, saya memakai kartu HALO unlimited (flash). Layanannya cukup memuaskan, saya bisa connect kapan dan di mana saja dengan kecepatan data yang maksimal dan tak pernah putus-putus. Saya sangat merasakan perubahan selama ini karena dapat mengakses informasi dari dunia maya sehingga jendela dunia terbuka lebar, dapat menambah wawasan serta berhubungan langsung dengan belahan dunia lainnya baik melalui e-mail, jejaring sosial atau ngeblog (tentunya saya sendiri sudah berada di pelukan si “maya”, he he he …), ini sesuai dengan semboyan “satu kartu berjuta aksi” (pelesetan dari satu dunia berjuta aksi). Untuk ngeblog saya memanfaatkan blog dari wordpress (walaupun masih gratisan alias belum pro) sehingga dapat ikut berpartisipasi dalam “lomba ngeblog HUT Telkomsel yang ke 14” ini. Proses membayar tagihannya juga sangat mudah dan praktis karena ada graPARI atau layanan melalui ATM.

Ilustrasi: Banyak operator telekomunikasi baru beroperasi di Indonesia khususnya Aceh seperti Indosat, XL, 3, dan lain-lain dengan berbagai produk serta tarif yang ditawarkan. Mereka juga menawarkan fitur-fitur atau fasilitas yang dapat kita nikmati. Saya pernah mencoba memakai kartu M3 dari Indosat yang menawarkan tarif murah, ini hanya bertahan untuk sekali pakai saja karena susah untuk nelpon akibat jaringan dan kapasitas yang terbatas serta perhitungan biaya kadang-kadang tidak sesuai dengan aturan main. Tarif murahnya hanya sesama Indosat tapi untuk operator lain cukup mahal. Untuk internet, saya pernah mencoba menggunakan M2 broadband unlimited (broom) yang ditawarkan indosat, banyak kendalanya, saya hanya dapat memakai pada waktu-waktu tertentu saja, banyak waktu yang tidak bisa connect, jika connect tapi data yang tercover lambat sekali, membuat saya bosan menanti (pada saat saya pakai). Demikian pula dengan XL dan 3, semuanya pernah saya coba namun tidak dapat memberikan kepuasan sebagaimana yang diharapkan, hanya TELKOMSEL yang dapat memberikan kepuasan maksimal bagi saya.

Inilah pengalaman atas pelayanan TELKOMSEL yang telah saya rasakan selama ini semoga terus berlanjut untuk masa-masa yang akan datang dan terimakasih atas semuanya. TELKOMSEL tetap dihati dan Insya Allah kapan pun akan saya gunakan. “SELAMAT BERULANG TAHUN TELKOMSEL yang ke 14” semoga tetap jaya dan selalu mendapat tempat di hati konsumen seluler Indonesia dan Internasional.

From → pengalaman

13 Komentar
  1. Dahlan permalink

    telkomsel…………. jadi inget masa lalu kalo ngomongin telkomsel………
    lucu, fun, unik pokoknya asyik eheheheheh………….
    itu dulu waktu pertamakali punya handpon

  2. Thank beuh… 🙂

  3. weiiisss….

    Ya, dulu sebelum pake jasa Telkomsel, aku sempat pake jasa burung merpati.

    tapi sekarang, woww.. sudah beralih ke Burung Elang. Heheheeee…

    Maju terus bang….

  4. Ramadhan permalink

    met berjuang bos

  5. Pengalaman yang menarik dengan menggunakan berbagai macam produk Telkomsel, juga operator lain. Akhirnya tetap berlabuh di Telkomsel, perusahaan selular yang memberikan layanan yang lebih baik dari yang lain.

    Berfikir rasional membuahkan hasil yang optimal. Jayalah selalu Telkomsel!

  6. Agus permalink

    Selamat berjuang…
    Semoga telkomsel tetap jaya

  7. Yep permalink

    Beberapa hari ini Telkomsel payah Bang…. tadi malam aku malah ngak bisa akses sama sekali dengan TelkomFlash 😦

  8. DiNi permalink

    Sukses terus untuk Telkomsel..
    Terus sukses untuk Bang Boy..

  9. Razes Alkhwarizmi permalink

    saya juga pengguna produk Telkomsel,malah ketiga-tiga kartunya aktif lagi, ya kartu Hallo,Simpati dan As.abis oke banget,rasanya punya kebanggan tersendiri memakainya…
    pokoke TELKOMSEL IS THE BEST………
    Maju terus,tetap jaya Telkomsel, be a WINNER TELKOMSEL…..

  10. Oom permalink

    Semoga telkomsel tetap jaya

  11. Rizal permalink

    Saya juga pengguna telkomsel yang setia seperti anda dan hanya telkomsel yang memberikan pelayanan terbaik…. selamat ultah telkomsel

  12. Thank atas kunjungannya.
    Telkomsel… semoga sukses selalu dan tetap pilihan utama pengguna celuler di manapun.

  13. Hoho.. Selamat Ulang Tahun, Telkomsel.. 😉

Tinggalkan Balasan

