Skip to content

PANTAI LHOKNGA ACEH

21 Juni 2009

Pantai Lhoknga yang berada di Tanah Aceh, jaraknya hanya 20 km dari Kota Banda Aceh tepatnya dikawasan PT. Semen Andalas Indonesia. Sebelum stunami menghantam Aceh taon 2004 lalu, kawasan pantai ini cukup memberikan nuansa wisata pantai yang alami. Banyak pohon-pohon rindang terutama pohon kelapa yang tumbuh berjejer dan rimbun memberikan kesejukan, juga pohon cemara atau aron. Pantai pasir putih dengan sedikit bebatuan yang memantulkan warna biru laut seolah-olah sebuah aquarium karena menampakkan ikan-ikan yang berwarna-warni. Deretan penjaja makanan dan minuman dibawah pohon serta gunung yang hijau bersebelahan dengan laut, cukup melengkapi sebagi obyek wisata pantai yang alami. Banyak wisatawan baik lokal maupun manca negara setiap harinya mengunjungi atau sebagian orang singgah untuk istirahat sebentar untuk melanjutkan perjalanan ke pantai barat-selatan.

Ini hanya tinggal kenangan, walaupun stunami sudah berlalu 4 taon lalu, pemda Aceh belum mampu mengembalikan kawasan ini pada keadaan semula. Jika kita ke lokasi, yang kita dapati hanya kondisi gersang dan tandus bagaikan tak terurus. Seharusnya kawasan ini sudah hijau kembali, namun entah kenapa…? Pernah beberapa waktu lalu saya melihat NGO-BRR melakukan penanaman kembali pohon kelapa, namun tidak ada yang tumbuh. Mungkin penanamannya tidak tepat atau ada kondisi lain yang mempengaruhinya.

Sebaiknya Pemda Aceh khususnya Pemda Aceh Besar dapat melakukan renovasi agar kawasan ini dapat rimbun dan sejuk kembali DENGAN NUANSA ISLAMI sehingga para turis dapat berkunjung lagi serta membuka lapangan kerja baru bagi para penjaja makanan dan minuman dikawasan pantai. Semoga…

Kondisi Pantai Sekarang Ini

Kondisi Pantai Sekarang Ini

Lon Tuan

Lon Tuan

Salah seorang turis lokal lagi motret2 n katanya...

Salah seorang turis lokal lagi motret2 n katanya...

πŸ™‚ πŸ™‚

Iklan

From → wisata di Aceh

10 Komentar
  1. triana permalink

    Pak terimakasih atas informasinya. Kebetulan saya sedang membuat paper mengenai pengembangan pariwisata pantai di aceh. namun data-data mengenai hal tersebut sangat minim. Apakah bapak memiliki referensi atau data-data mengenai pariwisata pantai di aceh?terimakasih sebelumnya.

  2. terkesan kotor,,, padahal jika mulai ditata dan dikelola dengan baik pasti akan memberikan kontribusi balik yang positif buat pemda

  3. Good information. Now that’s what I like. Hope everyone is having a pleasant day!

  4. Salam kenal , dan makasih atas kunjungan di blog saya.

    Masih terngiang dalam ingatan, jerit dan tangis yang terjadi pada 4 tahun yang silam…luluh lantah bangunan, rumah penduduk dan ratusan ribu penghuninya…. Ya Allah smoga merekamendapat tempat yang mulia di sisiMU….

  5. Sangat disayangkan ya? semoga saja nanti pemda aceh bisa akan berusaha menjadikan pantai itu seperti semula bahkan lebih baik dan lebih indah!

  6. Satu dari sekian pantai yang memanjakan mata…

  7. semoga pariwisata Aceh bisa dikelola dengan sebaik-baiknya oleh pemerintah daerah dan pemerintah kota/kabupaten.

  8. lhoknya emang mantap that nyan

  9. Yep permalink

    Sayang ya Bang πŸ™‚

  10. RIZAL permalink

    Benar tu bang… mengapa Pemda Aceh Besar ngak mau peduli tentang pantai ini padahal dulunya enak sekali di sini. πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: