Skip to content

SUPLEMEN HARUS SESUAI KEBUTUHAN TUBUH

5 Juli 2009

DALAM kondisi tertentu,suplemen boleh saja dikonsumsi.Namun Anda harus cerdas memilihnya. Konsumsilah suplemen yang benar-benar dibutuhkan. Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang.Kesehatan yang berasal dari dalam tubuh tidak hanya didapat begitu saja apabila tidak dirawat dengan baik.Produk suplemen yang kian marak di pasaran dan sering diiklankan di televisi menjadi ”konsumsi” sehari- hari guna mendapatkan tingkat beli yang tinggi.
”Dari sekian banyak manfaat suplemen, memang benar jika dikatakan bahwa suplemen berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh,asalkan konsumsinya diperhatikan,” ujar dokter umum sekaligus Medical Coordinator di Global Assistance and Healthcare, dr Olivia Aviany Ayuningthias. Olivia mengatakan, konsumsi suplemen sebagai pengganti makanan adalah cara mengonsumsi suplemen yang salah.

Konsumsi suplemen yang benar adalah untuk melengkapi kebutuhan yang didapat sehari-hari dari makanan. Demikian juga dengan dosisnya. “Konsumsi suplemen berbedabeda pada tiap orang, tergantung kebutuhannya. Misalnya jika asupan suplemen yang bertujuan mempertahankan daya tahan tubuh, maka tidak dipergunakan untuk dikonsumsi setiap saat,’’ papar Olivia.
Sementara Guru Besar Ilmu Pangan dan Gizi Prof Dr Ir Ali Khomsan Ms mengatakan, jika sistem tubuh kita ingin dibuat bagus, maka semua asupan yang masuk ke dalam tubuh juga harus bagus pula.Ia mengatakan, suplemen bisa saja dikonsumsi, tetapi jika itu benarbenar diperlukan.

’’Suplemen itu mempunyai banyak manfaat dan bisa dilihat dari jenis suplemennya sendiri serta peruntukannya,’’ ujar dosen ilmu gizi fakultas Departemen Gizi Masyarakat Sumberdaya Keluarga,Institut Pertanian Bogor. Ali menuturkan, dalam keadaan tertentu pemberian suplemen bagi anak memang dianjurkan. Misalnya, saat anak dalam kondisi sakit atau sedang dalam masa pemulihan.
Dalam kondisi ini, suplemen dibutuhkan untuk membantu mencukupi pemenuhan zat gizinya. Terlebih lagi jika nafsu makannya belum baik.Pemberian suplemen juga disarankan apabila menu harian anak kurang lengkap, atau nafsu makan anak menurun. Menurut Ali,ketika anak menginjak usia 4–5 tahun, biasanya mereka mengalami masalah susah makan.
Hal ini tentu dapat mengganggu pertumbuhan dirinya. Karenanya, konsumsi suplemen saat itu justru dianjurkan. Sama halnya dengan anak yang tengah mengidap gangguan pencernaan, mengalami gangguan penyerapan zat gizi tertentu, kebutuhan suatu zat gizi anak sedang meninggi, maupun pada saat anak kehilangan zat gizi yang berlebihan. ”Pada masa-masa tersebut, boleh saja memberikan suplemen bagi si kecil,”ucap Ali.
Suplemen juga sangat berguna untuk mempertahankan daya tahan tubuh perlu dilakukan beberapa cara,salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen sesuai dengan yang dibutuhkan dan dianjurkan. Ditambahkan dr Olivia Aviany Ayuningthias, suplemen yang bagus itu adalah suplemen yang menggantikan nutrisi saat tubuh kekurangan zat yang diperlukan dan bukan untuk dikonsumsi sehari- hari.
Daya tahan tubuh manusia secara medis disebut sistem imun. Sistem imun itu didapatkan dari dua sumber.Pertama dibawa sejak seseorang lahir dan yang kedua didapat dari luar, salah satunya dari imunisasi atau vaksinasi. Cara mempertahankan sistem imun pun bermacam-macam.

Misalnya dari daya tahan tubuh yang hubungannya lebih kepada antibodi, jika dilihat dari struktur protein caranya dengan meningkatkan nutrisi yang seimbang dan lengkap. Asupan suplemen juga bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. Olivia menuturkan, konsumsi suplemen itu diperlukan jika seseorang sedang dalam keadaan yang tidak fit, atau di saat daya tahan sedang menurun karena banyak melakukan aktivitas.
“Konsumsi suplemen pada setiap orang seharusnya berdasarkan apa yang disarankan oleh dokter. Dan diberikan pada saat dibutuhkan saja,“ pesannya. Ali Khomsan mengatakan, yang perlu diperhatikan pada saat pemberian suplemen adalah dengan melihat aturan pemakaian agar efektif, tanggal kedaluwarsa, maupun registrasi tidak boleh luput dari penglihatan.
Akan lebih baik apabila memilih suplemen yang tidak mengandung zat pengawet, pewarna,maupun zat tambahan lain. Selain itu,pastikan kandungan produk tersebut benar-benar sesuai keterangan pada kemasannya. Sebab ada produk yang mengaku tidak mengandung zat pengawet tapi dalam komposisinya ternyata tercantum nama asam tertentu yang termasuk dalam kategori zat pengawet.
Pemberian suplemen memang disarankan.Namun, sebaiknya untuk memenuhi zat gizi yang dimaksud dengan menu makanan seharihari yang mencukupi, daripada mendahulukan suplemen.’’Ketika mengonsumsi suplemen, selanjutnya lakukan evaluasi efek suplemen secara periodik,” papar Ali menutup pembicaraan.
Selain suplemen, sebaiknya anak mulai dibiasakan makan sayur dan buah untuk menjaga kesehatannya. Kebiasaan itu terkadang sulit, apalagi bagi anak yang tidak menyukai sayuran dan buah. Padahal, buah dan sayur merupakan salah satu jenis makanan yang mempunyai kandungan air dan elektrolit yang tinggi sehingga bagus untuk tubuh kita, karena tubuh kita sebagian besar terdiri atas air, dan komposisi air dalam tubuh harus seimbang.
Selain itu, buah juga mengandung gizi, vitamin, mineral, antioksidan, phytochemical, serat,dan prebiotik. Para orangtua hendaknya cerdas membuat anak menyenangi buah dan sayur. Banyak cara bisa dilakukan, antara lain mengolah buat menjadi jus.Atau buatlah kue dan puding berbahan buah-buahan.
Bila anak masih tak mau juga, suplemen organik adalah pilihannya. “Suplemen organik merupakan suplemen yang berasal dari bahan- bahan alami dan lebih bagus untuk kesehatan,”ujar Ali. Memang perbedaan dampak suplemen organik dan nonorganik terhadap perkembangan anak belum diketahui secara pasti.
Suplemen organik memang hampir sama dengan suplemen nonorganik yaitu bahan aktif zat gizi dan nutrisi yang mudah dikonsumsi. Hanya saja yang membedakan adalah sumber bahannya, yaitu berasal dari tanaman herbal atau organik dan tanpa bahan kimia. (inggrid namirazswara).

Sumber: Koran Sindo.com

Iklan

From → kesehatan

One Comment
  1. doyen90 permalink

    Pantas saja saya kuring, kurus kering. 😀 he he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: