Skip to content

TIP UNTUK TIDUR BERKUALITAS

14 Juli 2009

Terlihat cantik, sehat, dan bugar diawali dan diakhiri dengan tidur nyenyak, cukup, dan berkualitas. Setelah kegiatan, pekerjaan, dan aktivitas seharian, Anda patut mendapatkan keleluasaan untuk beristirahat.

Namun, sayangnya masih banyak wanita-wanita yang belum bisa menutup mata dan beristirahat ketika malam hari. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda dari Jane Buckingham, pengarang Modern Girls’ Guide to Life untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak di malam hari.

– Mulailah untuk mengurangi lampu menyala. Jika lampu di rumah Anda bisa diset tingkat terangnya, mulailah untuk menguranginya mulai jam 8 atau jam 9. Menempatkan diri di lingkungan yang lebih gelap membuat level melatonin, hormon yang menyiapkan diri untuk tidur, meningkat.

– Pindahkan, atau simpan hal-hal yang bisa membuat Anda berpikir. Segala bon tagihan, kertas-kertas, majalah, bahkan pakaian kotor yang menumpuk akan membuat Anda berpikir bahwa ada kerjaan yang belum selesai. Anda kan juga berhak untuk beristirahat.

– Sebagian orang bisa tertidur di depan televisi. Tapi suara-suara meledak-ledak dari iklan bisa membangunkan Anda tiba-tiba. Apalagi radiasi sinar televisi yang sering berubah-ubah, bisa mengganggu tidur karena bisa menembus lapisan kelopak mata yang tipis. Lebih baik pasang lagu-lagu mendayu untuk mengantar Anda tertidur. 

– Pulang di malam hari dan badan rasanya lengket? Jangan langsung mandi dengan air dingin. Siapkan air panas. Jika Anda memiliki bath tub, Anda bisa berendam di air panas. Jika tidak, siapkan air panas dalam ember besar, teteskan minyak esensial lavender untuk menyiram dan membasuh tubuh. Wanginya bisa membuat Anda lebih tenang dan merangsang rileksasi.

– Setelah mandi dengan air hangat, oleskan pelembab tubuh dengan wangi yang menenangkan. Lalu minum segelas teh kamomil hangat atau segelas susu dicampur madu. Jika Anda merasa lapar, tapi takut berdosa dengan makan nasi, cobalah mengudap cracker. Karbohidrat di dalamnya tak terlalu banyak, tapi cukup untuk mendorong level serotonin di otak sehingga membantu Anda tertidur lebih nyenyak.

– Begitu memastikan rumah sudah siap untuk ditinggal tidur, rebahkan tubuh Anda. Nikmati betapa menenangkannya untuk bisa berbaring dan melepas ketegangan otot. Hilangkan pikiran-pikiran tentang kejadian hari ini atau kejadian yang akan Anda hadapi esok. Mulailah untuk fokus kepada napas Anda. Anda bisa mulai berimajinasi bahwa tempat tidur Anda adalah sebuah marshmallow besar, dan perlahan-lahan tubuh Anda merasuk ke dalamnya. Atau, cukup matikan pikiran Anda dari pikiran-pikiran. Rileks.

 

Iklan

From → kesehatan

2 Komentar
  1. springbedsurabaya permalink

    yapp, yang penting kualitas bukan kuantitas,.

    salam

    http://www.springbedsurabaya.com
    http://www.springbedsurabaya.wordpress.com

  2. Yep permalink

    Setuju…tips yang bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: