Skip to content

MANFAATKAN SISI FEMINITAS DI LINGKUNGAN KERJA

30 Juli 2009

Dunia bisnis memang didominasi pria. Dalam dunia yang persaingannya ketat, Anda harus mampu menunjukkan sisi yang berbeda agar bisa “dianggap” dan diperhitungkan. Mengapa tidak manfaatkan sisi feminitas Anda? Tetapi tunggu, sisi feminin bukan berarti “mengobral” seksualitas atau tubuh. Masih ada sisi feminin yang bisa Anda eksplor dan membuat Anda berbeda dari pria. Berikut adalah 10 hal yang membedakan pria dan wanita. Ke-10 hal tersebut bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kesuksesan Anda dalam bisnis:

1. Nyalakan EmQ (Empathy Quotient)
Tentu Anda sebagai wanita mengetahui, bahwa wanita memiliki sensitivitas cukup tinggi. Dalam arti, sensitif dalam hal-hal yang menyangkut perasaan. Wanita memiliki empati/kepekaan yang cukup baik, ini berkat level estrogen dan oksitosin yang tinggi. Bagaimana meningkatkan empati: Jadilah orang yang mudah didekati dan diajak bicara. Cobalah untuk lebih peka mendengarkan perasaan orang lain. Orang akan merasa dimengerti bahkan jika Anda akan memberikan kabar buruk. Anda bisa menggunakan empati untuk meningkatkan konsensus untuk meraih tujuan bisnis.

2. Pribadi menarik
Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang menarik tak hanya bisa menghasilkan uang lebih banyak, tetapi juga dipandang lebih cerdas, lebih produktif, dan bersikap lebih baik kepada orang lain. Wanita memiliki keunggulan dalam bidang ini. Karena wanita bisa menggunakan pakaian dan aksesori yang beragam untuk menunjukkan tampilan yang berbeda. Berdandan rapi dan profesional bisa membuat Anda lebih diperhatikan dan dihormati. Meski dunia bisnis Anda didominasi pria, tak berarti Anda harus mengenakan pakaian seperti pria. Anda bisa dengan leluasa mengganti tampilan profesional lewat aksesori rambut, makeup, celana atau rok, blazer atau dress. Banyak gaya yang bisa menunjukkan bahwa Anda profesional dan pandai.

3. Koneksi dan bersahabat
Tak bisa dipungkiri, wanita adalah mahluk yang bersahabat dan memiliki kemampuan untuk membangun pertemanan dan terkoneksi dengan orang lain. Wanita secara alamiah senang menjalin jejaring, membangun tim, dan hubungan. Manfaatkan hal ini. Semakin besar jejaring Anda, makin banyak modal karier Anda. Jadi jangan hanya menggunakan tenaga kerja dari rekan atau teman-teman Anda, ciptakan sebuah hubungan persahabatan yang mendalam. Gunakan hubungan tersebut untuk makin memperluas jejaring pertemanan Anda. Dengan begini, Anda juga bisa mempelajari beragam tipe manusia.

4. Ahli komunikasi
Wanita mampu memroses pesan verbal emosi lebih baik ketimbang pria. Hasilnya, wanita lebih unggul dalam tes-tes tertulis dan tes verbal, karena wanita bisa menggunakan kedua belah otaknya untuk berpikir. Seperti para ibu yang sering mengajukan pertanyaan kritis dan mengena terhadap suatu masalah, begitulah wanita: kritis dalam bicara. Anda bisa menggunakan “kelebihan” ini dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan berkualitas, dan dengarkan jawabannya dengan aktif. Ketika Anda diminta untuk melakukan presentasi, lakukan dengan gaya. Percayalah, jika Anda adalah wanita, Anda memiliki bakat ini, hanya perlu sedikit latihan dan mengasah kekurangan Anda.

5. Si pemersatu
Wanita juga memiliki sifat “ngemong”. Dalam arti, wanita cenderung bersikap membimbing. Maka, mereka cenderung menghindari konflik dan ingin menyatukan dua pihak yang bertikai. Dalam sebuah perusahaan, tak jarang ada friksi, sehingga seringkali ada pihak-pihak internal yang tak berjalan dengan baik. Cobalah untuk menjadi penengah, jangan mau mengambil sisi. Upayakan dan berikan perspektif berbeda untuk kedua pihak agar bisa saling mengerti dan berbaikan.

6. Sensitif dalam membaca pesan tersirat
Pemindai otak, MRI, dan penelitian tentang otak lainnya menunjukkan bahwa wanita lebih baik dalam menangkap pesan tersirat baik secara emosional maupun dalam pesan terucap. Wanita bisa mendeteksi bahasa tubuh yang tak terucap secara verbal. Baik itu pesan ketidaknyamanan, tidak bahagia, frustrasi, bahkan kebingungan. Jika Anda menangkap pesan-pesan seperti ini dari seseorang, Anda bisa menanyakannya secara langsung. Tanyakan apakah ada hal yang salah, ada hal yang bisa diperjelas. Namun, pastikan Anda tidak menanyakannya dengan nada menuduh atau di depan orang lain. Orang tidak berani bicara, biasanya karena ia memiliki dilema untuk bicara.

7. Motivator
Penelitan menunjukkan bahwa wanita bisa bekerja dalam tim, dan bisa memotivasi anggota lain dalam tim untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Umumnya, gaya kepemimpinan seorang wanita adalah tipe motivator, bukan tipe penindas. Sayangnya, memang ada beberapa wanita yang ketika diberi tongkat kekuasaan sering khilaf dan salah menggunakannya. Tipe semacam ini adalah tipe diktator yang justru insecure dengan diri sendiri.

8. Melihat dari sisi berbeda
Umumnya, wanita pandai melihat suatu hal dari berbagai sudut yang berbeda dan mampu memberikan solusi atau membuat suatu keputusan. Sementara pria, umumya menyelesaikan suatu masalah dengan gaya berpikir linear dan transaksional. Sementara wanita banyak pertimbangan. Coba ambil beberapa contoh kasus, dan belajarlah menyelesaikan masalah. Usahakan melakukannya dengan cepat. Jangan lupa untuk membawa kreativitas dan inovasi dalam kerja Anda.

9. Orang yang mudah disukai
Tempat kerja adalah sebuah kontes terselubung untuk menjadi orang yang banyak disukai. Sementara bakat wanita untuk pandai membangun sebuah hubungan, rasa kasih sayang, dan empati, membuatnya menjadi orang yang mudah disukai. Jadi, kuncinya, jadilah orang yang positif, banyak tersenyum, ketimbang menjadi orang yang terlalu serius dan kaku. Dengan begini, Anda akan banyak memiliki teman, dan memiliki pengaruh yang cukup besar di tempat kerja.

10. Branding
Wanita memiliki hubungan yang sangat erat dengan branding diri. Ciptakan suatu citra dan kekhasan diri yang positif dan menyenangkan, dan Anda akan menjadi suatu pribadi yang unik.

Sumber: Kompas.com

 

Iklan

From → wanita

2 Komentar
  1. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

  2. wahyu am permalink

    nice gan 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: