Skip to content
Tags

,

ANIMO MASYARAKAT CUKUP BESAR BUAT PKA-5

8 Agustus 2009

Pekan kebudayaan Aceh (PKA-5) yang berlangsung dari tanggal 2-11 agustus 2009 dan telah berlangsung 6 hari, animo masyarakat cukup besar. Setiap hari masyarakat berduyun-duyun datang ke lokasi baik masyarakat Banda Aceh-Aceh Besar maupun dari luar daerah, terutama pada malam hari, mungkin suasana malam cukup nyaman untuk menikmati berbagai acara yang ditampilkan.

Arena utama PKA ini terbagi pada dua sisi di mana pada Taman Sri Ratu Safiatuddin sebagai pusat budaya dengan bangunan rumah masing-masing anjungan dari berbagai daerah di Aceh, menampilkan berbagai ragam budaya yang dimilikinya baik yang masih ada maupun sisa-sisa budaya Tempo Doeloe sebagai kenangan dan pada sisi stadion lampineng ditampilkan stand untuk pameran internasional exspo dengan menampilkan berbagai macam produk dari perusahaan dan instansi pemerintah.

Selama ini banyak kebudayaan Aceh yang sudah dilupakan oleh rakyat Aceh karena sudah cukup banyak budaya luar yang terkontaminasi atau meracuni generasi muda terutama melalui media telekomunikasi baik televisi, film-film dan lainnya. Seolah-olah apa yang ditampilkan oleh budaya luar sudah sangat cocok dengan kehidupan ini dan budaya Aceh sendiri dianggap ketinggalan jaman. Dengan adanya PKA-5 ini kita diingatkan kembali terutama buat generasi muda agar mencintai budaya sendiri dengan menjaga dan melestarikan sehingga tidak punah. Kita boleh saja mengadop budaya luar tetapi yang bermanfaat dan sesuai dengan kondisi kehidupan. Jangan mengikuti budaya orang sepenuhnya dan melupakan atau malu dengan budaya sendiri, ini sungguh disayangkan.

Jika kita datang ke arena PKA jangan hanya mencari hiburan semata, walaupun rakyat Aceh haus akan hiburan, tetapi dapat mengambil manfaat, bila tidak maka akan sia-sia saja pemerintah mengadakannya dengan biaya dan tenaga yang terkuras cukup besar sejak persiapan sampai suksesnya nanti.

semoga rakyat Aceh mau mencintai dan melestarikan budayanya sendiri

Iklan

From → opini

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: