Skip to content
Tags

mbah SURIP MEMBERI PELAJARAN BERHARGA

8 Agustus 2009

mbah SURIP... haa haa haa

mbah SURIP... haa haa haa

Kematian Urip Akhmad Riyanto alias Mbah Surip yang mengagetkan memberi banyak pelajaran penting bagi kaum penghibur dan para pesohor lain. Pengalaman meninggalnya Mbah Surip membuktikan bahwa akumulasi antara kelelahan, kurang tidur, banyak mengonsumsi kopi, dan merokok terus-menerus mencetuskan terjadinya gangguan akut pada tubuh. Seterusnya, bisa terjadi serangan jantung yang berakibat fatal. “Kita harap dengan ini semua kita lebih memperhatikan kesehatan, mengurangi risiko penyakit jantung yang bisa menyebabkan kematian mendadak,” papar ahli penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Ari Fahrial Syam di Jakarta kemarin.
Mbah Surip meninggal dunia Selasa (4/7) sekitar pukul 10.30 WIB dalam perjalanan ke Rumah Sakit Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes),Kramat Jati, Jakarta Timur. Belum bisa dipastikan penyebab kematiannya, tapi diduga karena serangan jantung. Dari pemberitaan media, Ari bisa menilai mendiang Mbah Surip sebagai sosok yang tidak peduli pada kesehatannya. Dia menggarisbawahi kebiasaan Mbah Surip yang hanya tidur tiga jam sehari, merokok, dan banyak minum kopi hingga 10 gelas sehari. Belum lagi aktivitas beragamnya yang banyak menyita tenaga.

“Mbah Surip ini tengah top,jadwal manggungnya sangat padat. Belum lagi umurnya yang di atas 50 tahun.Akumulasi dari kebiasaan hidup yang kurang sehat mempercepat fisiknya drop,”ungkap Ari. Seperti dikatakan putra kedua Mbah Surip, Farid, satu-satunya minuman yang dikonsumsi ayahnya hanya kopi. Untuk kopi dan rokok, terang Farid, ayahnya tersebut bisa mengonsumsi dalam jumlah yang sangat banyak dalam satu hari. “Bisa sampai 10 gelas kopi,”kenangnya.
Dalam catatan Ari,Mbah Surip bukan satu-satunya artis yang meninggal dunia secara tiba-tiba karena gagal jantung. Ari menyebut nama-nama seperti mendiang Benyamin Suaeb (seniman serbabisa), Gombloh (penyanyi), dan Basuki (pelawak dan pemain sinetron).Dari mereka,dia melihat kemiripan pola hidup tidak sehat. Seperti diketahui, Benyamin Suaeb meninggal dunia setelah koma beberapa hari akibat serangan jantung.
Benyamin meninggal pada 5 September 1995 seusai bermain sepak bola.Jauh sebelumnya, penyanyi Gombloh meninggal dunia di Surabaya pada 9 Januari 1988 setelah lama menderita penyakit. Gombloh dikenal memiliki kebiasaan merokok yang sulit dihilangkan. Sementara pelawak Basuki meninggal dunia pada 12 Desember 2007 juga akibat gagal jantung setelah bermain sepak bola.
“Ada kemiripannya pola hidup tidak sehat yang terjadi di kalangan artis-artis yang meninggal karena serangan jantung,” kata Ari.Pola hidup tak sehat tersebut di antaranya perokok aktif, gemar minum kopi secara berlebihan,makan makanan berkolesterol, kurang olahraga,dan suka begadang. Dia pun mengajak masyarakat untuk memperhatikan pola hidup sehat. Minimal sehari tidur enam jam di malam hari lalu memerhatikan pola makan dengan mengurangi keju,makanan berlemak, cokelat, kopi, suplemen yang mengandung ginseng, dan gorenggorengan.
Kemudian meningkatkan makanan sayur-sayuran dan buah-buahan, minimal minum air putih 2 liter sehari,dan melakukan pemeriksaan laboratorium. “Pola hidup sehat mengurangi risiko penyakit jantung yang bisa menyebabkan kematian mendadak bisa dicegah,”tandasnya. Rekan sejawat Ari di RSCM, Sally Aman Nasution, juga menduga kematian sang bintang yang tengah menuai popularitas itu disebabkan serangan jantung yang disebut acute miocard infark(AMI).
Ini adalah keadaan di mana secara tiba-tiba terjadi pemutusan aliran darah ke jantung yang mengakibatkan otot jantung mati karena kekurangan oksigen. “Pada kasus serangan jantung, pasien harus selekasnya diberi pertolongan pada golden periode,yaitu tiga jam pertama pascaserangan atau maksimal enam jam. Keterlambatan penanganan dan banyaknya pembuluh darah yang terkena atau tersumbat dapat mempersulit upaya penyelamatan pasien,” papar Sally.
Artis penyanyi Nugie sepakat bahwa pola hidup sehat justru membantu kiprahnya sebagai penghibur. Pola hidup sehat itu termasuk tidur cukup dan minum air putih untuk memperlancar metabolisme tubuh.“Agar kondisi tubuh tetap fit saya suka bersepeda. Lumayan cukup untuk bisa dapat keringat karena kalau keringat dalam bermusik saja itu ternyata tidak bagus juga,”tegasnya. Sally menekankan, pola hidup yang sehat akan mengurangi risiko serangan fatal seperti pada kasus Mbah Surip.
“Kejadian Mbah Surip menambah keprihatinan kita bahwa banyak artis yang mampu menjadi penghibur yang baik, tapi tidak memperhatikan kesehatan tubuhnya sendiri,”imbuhnya. Sementara itu, pihak keluarga Mbah Surip sangat terpukul ketika orang yang sangat dicintainya itu meninggal dunia. Perasaan duka masih me n ggelayuti Farid Wahyu G. Setiawan,putra kedua Mbah Surip. Selama ini Farid orang yang selalu menemani ayahnya itu bebepergian. Ia yang mengatur semua jadual kegiatan orangtuanya itu.Mulai dari show,waktu istirahat sampai pola makan.
Diakui Farid, ayahnya itu tidak penah mengonsumsi air putih apalagi air es. Namun, sebelum kematiannya,Mbah Surip tiba-tiba minum air es. Hal itu yang membuat penikmat kopi sejati ini jatuh sakit.“Sakitnya mulai tangal 1 Agustus karena minum es.Semenjak itu mengalami sesak nafas.Saya kecolongan karena biasanya takpernahminumaires,doyannya kopisamarokok,”jelasFarid. Banyaknya permintaan wawancara dan jadwal show yang padat, membuat Farid merasa harus memberi ketenangan dan ruang istirahat yang cukup pada ayahnya itu.
“Bapak sempat sehat dan mulai bisa makan. Tapi sekitar pukul 10.00 WIB dia mengeluh sakit lagi. Katanya perutnya kembung dan batuk, makanya dibawa ke rumah sakit,”terang Farid,kemarin. Sayang, sebelum sampai ke rumah sakit, jiwanya tidak tertolong dan Mbah Surip meninggal dunia dalam perjalan ke rumah sakit tersebut. Selama ini Mbah Surip termasuk orang yang memiliki stamina kuat.
Bahkan Farid sendiri mengaku kalah kuat dengan ayahnya itu.“Bapak orang yang sangat kuat. Dia punya semangat yang tinggi. Kadang kalau saya capek saja, bapak masih kuat,”ungkap Farid.

Sumber: KoranSindo.com

Iklan

From → Info

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: