Skip to content
Tags

PENDIDIKAN TINGGI MENDUKUNG KARIR

8 Agustus 2009

Meraih pendidikan tinggi menjadi cita-cita banyak orang. Semakin tinggi pendidikan formal seseorang akan semakin tinggi kemungkinan status sosial dan perannya di masyarakat.

Karena itulah, pendidikan yang lebih tinggi adalah salah satu syarat bagi yang mencari kesempatan menjadi lapisan atas yang muncul dalam masyarakat. Ini tidak heran kalau banyak orang berjuang sekuat tenaga untuk menyelesaikan kuliah agar mendapatkan gelar.

Dengan gelar itu, selain dapat meningkatkan status sosial, juga yang paling diharapkan adalah dapat mempermudah mencari kerja. Pola pikir ini begitu melekat pada masyarakat. Dengan demikian, orang berjuang mencari gelar kesarjanaan demi mewujudkan cita-citanya dan memudahkan mencari kerja.

 Pendidikan dapat dipergunakan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan taraf hidupnya ke tingkat yang lebih tinggi melalui usaha mereka sendiri. Dengan bekal pengetahuan dari pendidikan yang baik, maka seseorang dapat lebih baik dalam menghadapi segala persoalan tentang kesejahteraan.

Pendidikan menjadi salah satu tolok ukur bahwa manusia itu mampu melakukan sesuatu dan dapat menjadi motor penggerak dalam perekonomian karena mereka di samping dapat bekerja juga dapat menciptakan lapangan kerja baru dengan berbagai latar belakang ilmu.

Bila seorang yang tingkat pendidikannya tinggi tentu produktivitas kerja mereka juga tinggi dan memberikan feedback yang tinggi pula bagi suatu tujuan. Ini dapat dilakukan pada berbagai sector dan tempat. Apakah pada perusahaan atau pemerintahan, badan-badan social, yayasan, dan lain sebagainya. Mereka yang lulus dengan IPK 3-4 akan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi lapangan kerja karena tuntutannya dapat dipenuhi. Dewasa ini salah satu syarat utama melamar kerja adalah IPK yang tinggi dan pengalaman, pada posisi apapun.

Untuk meniti karir tertentu pasti bermodal ijazah sarjana, sebagai modal awal dengan kemampuan yang lebih sehingga dapat menapaki jenjang demi jenjang untuk mencapai puncak. Ini idaman setiap pekerja pada setiap tempat. Mereka selalu berpacu dengan pekerjaan dan pengalaman serta pendidikan tambahan agar tujuan tercapai.

Namun adakalanya jenjang pendidikan tinggi tidak menjamin dapat mencapai puncak karir karena banyak kasus yang terjadi lebih mengutamakan pengalaman dan produktifitas. Ada yang pendidikan hanya tamatan SMU/SMK mampu menjadi pimpinan suatu perusahaan atau instansi tertentu dan menjadi orang sukses. Jadi tidak selamanya pendidikan tinggi mampu memberikan kontribusi pasti untuk meniti karir.

Iklan

From → Info

One Comment
  1. hai salam kenal artikelmu udah ada di

    http://karir-pekerjaan.infogue.com/pendidikan_tinggi_mendukung_karir

    gabung yuk n promosikan artikelmu di infoGue.com. Salam ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: