Skip to content
Tags

4 HAL DICARI MANUSIA

21 Agustus 2009

Manusia adalah makluk ciptaan Allah swt. Sebagai khalifah di muka bumi, untuk mengatur alam dan kehidupan agar kelangsungan bumi dapat terjamin sampai hari kiamat nanti.

Dalam mengarungi kehidupan manusia diberi akal sehingga mampu mencerna dan mencari apa yang terbaik buat dirinya. Kebanyakan manusia akan mencari empat hal pokok dalam hidupnya, yaitu mengabdi kepada Allah swt, mencari tahta, harta dan wanita.

Manusia yang sadar dengan fitrahnya atau akalnya berfungsi dengan baik maka ia akan mengakui bahwa dirinya ada yang menciptakan dan ada kehidupan yang abadi setelah kehidupan ini yaitu kehidupan alam akhirat. Apa pun agama mereka, pasti mengajarkan demikian walaupun tidak semua agama itu sama karena Allah swt hanya mengakui bahwa Islam adalah agamaNya, “Ad-dinul Islam”, dan agama-agama lainnya sudah tidak diakui keberadaannya.

Dengan mengakui keberadaan dirinya bahwa ada yang menciptakan maka manusia akan berusaha untuk mengabdi kepadanya, “beribadah kepadaNya” yang dalam Islam disebut menyembah Allah swt dengan cara beriman dan bertaqwa. Untuk menjadi seorang muslim, maka ia harus mengucap dua kalimah syahadat, bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah selain Allah dan Nabi Muhammad adalah Rasul Allah.

Menjadi muslim maka akan melekat ketentuan-ketentuan yang digariskan Islam kepadanya. Ia akan melaksanakan perintah dan menjauhi segala larangannya sehingga menjadi seorang yang bertaqwa. Ini merupakan bagian pertama yang dicari manusia.

Bagian kedua, manusia akan mencari tahta. Tahta merupakan kedudukan yang harus dimiliki oleh setiap manusia, minimal harus mampu menjadi pemimpin bagi dirinya. Setelah mampu menjadi pemimpin dirinya maka ia akan selalu ingin menjadi pemimpin bagi orang lain. Tahta tidak hanya dalam bentuk menjadi pemimpin namun termasuk juga pangkat dan jabatan. Banyak manusia rela berkorban uang, harta, tenaga, pikiran hanya untuk menjadi pemimpin. Mereka selalu berambisi untuk menjadi seorang pemimpin. Mereka mungkin harus melakukan hal-hal kotor sekalipun untuk memperolehnya. Mereka berbohong, berdusta, banyak janji-janji manis bahkan kekerasan, untuk mempengaruhi orang lain agar tujuannya tercapai. Ini selalu terjadi dibelahan dunia manapun. Manusia tidak akan bosan untuk selalu mencari tahta.

Bagian ketiga, manusia akan mencari harta. Sebagai manusia yang diberi hawa nafsu sebagai pelengkap hidup untuk mengarungi kehidupan, maka harta adalah jalan terbaik. Setiap hari dari pagi sampai pagi kembali diseluruh dunia manusia sibuk dengan mencari harta. Kita dapat melihat bagaimana manusia berkeingin untuk mendapatkan harta. Jalan yang ditempuh pun hampir sama dengan mencari tahta. Manusia tidak pernah puas dengan apa yang telah dimilikinya sehingga selalu termotivasi untuk mendapatkan lebih banyak. Bila sudah punya mobil buat dirinya maka ia akan mencari mobil-mobil lain buat isteri dan anak-anaknya. Bila ia punya rumah sederhana, mungkin RRS maka ia akan berusaha untuk membangun rumah yang harganya 1 milyar atau lebih. Bila ia sudah punya kebin 1 ha maka akan berusaha untuk mendapatkan 100 ha lagi. Memang harta ini bagaikan air laut, “makin di teguk semakin terasa haus”.

Bagian keempat, manusia akan mencari wanita. Wanita adalah pelengkap hidup bagi laki-laki. Ia diciptakan sebagai pakaian atau selimut bagi laki-laki. Bila manusia sudah mempunyai tahta, harta maka belum lengkap jika tidak diimbangi dengan wanita-wanita. Setiap hari kita melihat bagaimana para lelaki memburu wanita apakah ia sudah punya isteri atau tidak. Dengan berbagai cara laki-laki melakukan untuk mendapatkan wanita. Bila laki-laki sudah mempunyai dua hal di atas, sangat mudah untuk mendapatkan wanita karena wanita senang pada hiasan. Bila sudah beristeri satu, maka ingin 2 dan seterusnya. Demikian juga dengan wanita-wanita untuk melampiaskan hawa nafsu sesaat, dimana dan kapanpun laki-laki akan mencarinya. Nauzubillah!

Iklan

From → opini

5 Komentar
  1. yo-yo permalink

    yang di cari induknya hanya satu yaitu “uang” ,dengan uang bisa untuk cari harta, cari wanita dan cari tahta .

  2. Sebenarnya wanita dan laki-laki saling melengkapi. Tapi laki-laki (adam) lebih dahulu diciptakan dan kemudian baru wanita (hawa), yang juga sebagai ibu, isteri dan lain-lain. Jadi bukan dalam arti hakikat tapi hanya harfiah saja, untuk membedakan perbedaan antara laki-laki dan perempuan… 🙂

  3. huh kenapa waniata hanya sbg pelengkap. padahal laki2 wkt masih bayi dibesarkan oleh wanita hingga bisa jalan, bicara dll. gedenya ….!!!

  4. keinginan manusia memang tak pernah ada habisnya, tak ada puasnya. maka dari itu hendaknya kita selalu bersyukur dengan apa yang telah kita dapatkan.

    Selamat menunaikan ibadah puasa bang Boy…

  5. berarti itu to yang selama ini kucari????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: