Skip to content
Tags

JIHAD DALAM ISLAM

29 Agustus 2009

Jihad dalam arti bahasa adalah mengerahkan segenap usaha dan daya untuk kebaikan dan jihad dalam Islam diartikan perang melawan musuh-musuh Allah dalam rangka membela syariat, menegakkan dinullah (id.wikipedia) agar tetap tegak dimuka bumi.

Setiap muslim diwajibkan untuk berperang melawan musuh-musuh Allah swt terutama bagi uslim yang sudah dewasa, namun untuk anak-anak, perempuan, orang yang sudah tua tidak diwajibkan untuk berjihad. Allah swt berfirman: β€œTelah diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Dan bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal sesuatu itu baik bagimu. Dan bisa jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal sesuatu itu buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216).

Perang atau jihad fi sabillillah akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah swt yaitu syurga jannatun naim, syurga yang mengalir sungai-sungai dibawahnya. Pahala jihad tidak hanya diberikan kepada orang yang gugur di medan pertempuran (syahid) tetapi juga bagi para pendukung untuk terlaksananya sebuah misi jihad. Allah swt tidak akan menyia-nyiakan setiap usaha kebaikan umatnya walaupun ia tidak terlibat langsung dalam medan pertempuran.

Perang diwajibkan atas kafir harby dimana mereka menghalang-halangi seruan atas agama Islam, menentang Islam, bermusuhan dengan Islam dan mempropaganda Islam untuk kepentingan mereka. Mereka tidak suka dengan Islam karena bila Islam menang maka kekuatan besar akan menguasai denia, mereka sangat takut.

Jihad ini sudah dilaksanakan sejak perjuangan Nabi saw dalam rangka menyiarkan agama Allah swt yaitu Islam. Nabi berperang dengan kafir-kafir terutama kafir quraisy yang selalu menentang ajaran yang dibawakan Nabi Muhammad saw.

Namun jihad yang dilakukan dalam rangka menegakkan syariat masih tergolong kecil walaupun syurga tebusannya. Ada jihad yang lebih besar yaitu perang melawan hawa nafsu. Perang melawan hawa nafsu atau meluruskan hati dari serangkaian pengaruh duniawi sehingga diri kita terbebas dari hal-hal selain Allah swt. Kita tidak mendewakan tahta, harta dan wanita tetapi kita selalu mengagungkan Allah swt yang Maha Agung. Bila ini sudah terpatri dalam diri dan hati setiap insan muslim maka untuk melangkah ke jihad fi sabilillah akan mudah. Kita tidak pernah takut selain kepada Allah swt dan juga tidak takut mati.

Untuk lebih lengkapnya baca jihad yang diuraikan panjang lebar oleh ihwan.net dan apakah teroris itu merupakan sebuah jihad?

Semoga!

Iklan

From → agama

9 Komentar
  1. Semoga bermanfaat…

  2. Dewata Yugo permalink

    tulisan yang bagus … semoga bisa orang yang nggak ngerti makna jihad sebenarnya bisa jadi lebih ngerti … πŸ˜€

  3. Ini karena sering bom dikaitkan dengan perjuangan islam, padahal Islam jihad bukan dengan bom, tapi banyak cara yang dapat kita lakukan. Mudah-mudahan ke depannya dunia bisa menepis bahwa jihad Islam itu tidak identik dengan BOM.

  4. tapi banyak yang memahami jihad itu main bom…payah deh

  5. Yang anda maksudkan salah. Jihad tdk sama dgn teroris… Anda hrs membedakannya.

  6. Pangeran permalink

    JIHAD ITU TAK UBAHNYA MENCARI UNTUNG DIATAS PENDERITAAN ORANG LAIN.TAK UBAHNYA ORANG YANG MENCARI PESUGIHAN.SAMA SEPERTI SUHARTO MEMBUNUH RAKYAT DARI SABANG SAMPAI MERAUKE.MEMANG DAPAT KEKUASAAN SELAMA 30 TAHUN.TAPI DASAR PENCAPAIANNYA DENGAN DARAH DAN PEMBUNUHAN HARAM.ENDING CERITA SANG PEMBUAT DOSA JUGA TIDAK MANIS.JIHAD BAGI ORANG ISLAM UPAYA UNTUK MENCARI SURGA.MEMPERSEMBAHKAN NYAWA ORANG LAIN UNTUK MEMPEROLEH SURGA.SEJAK KAPAN SURGA TUNDUK OLEH PEMBUNUHAN.HANYA AJARAN SESAT YANG MENGIYAKAN.

  7. Tapi kadang-kadang jihad sering disalahtafsirkan sebagian kecil orang, sehingga mebuat kesimpulan sendiri πŸ™‚

  8. Kampus Community, sebuah program dari Telkomsel untuk orang2 kampus di Indonesia, seperti school community buat pelajar. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan antara lain, mendapat discount 50% biaya internet dan tarif SMS. Bila anda lagi kuliah atau orang kampus dan kampus anda terpilih dalam program ini maka anda boleh daftar, syarat dan ketentuan berlaku. Semoga bermanfaat…:)

  9. mobile blogger permalink

    Memang sekarang salah kaprah mengenai apa itu jihat. Oia btw thx ud k blog q, ini kunjungan balik, oia tnya, kampus community mksdnya apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: