Skip to content

PROGRAM UNIVERSAL SERVICE OBLIGATION (USO) INDONESIA

5 September 2009

Mengingat pentingnya informasi bagi masyarakat desa maka pemerintah mengadakan salah satu program yaitu program Universal Service Oblogation (USO). Program USO merupakan bagian dari Kerangka Tehnologi Informasi Nasional (National IT Framework) yang dikembangkan oleh BAPPENAS.

Program ini akan memberikan pelayanan dibidang telekomunikasi bagi masyarakat desa sehingga semua desa dapat tersambung di seluruh Indonesia. Pelayanan yang akan dikembangkan mencakup telepon umum dan internet nirkabel. Sehingga arus informasi tidak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat kota tetapi dapat dinikmati oleh masyarakat pedesaan terpencil sekalipun. Dalam program ini pemerintah bekerjasama dengan PT. TELKOMSEL.

Aceh juga kebagian dan telah dilaksanakan untuk beberapa desa, khususnya jasa telepon umum, dari beberapa daerah tingkat II antaranya Kotamadya Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Nagan Raya, dan lain-lain.

Beberapa waktu yang lalu kami mengunjungi desa-desa USO dan memberikan kesan bahwa masyarakat membutuhkan program ini karena dengan biaya murah mereka dapat menikmati jasa telepon dan SMS ke seluruh operator di Indoensia.

Untuk ke depan, semoga pemerintah dapat terus mengembangkan program ini sesuai rencana sehingga masyarakat pedesaan bebas dari keterisolasian akan komunikasi dan arus informasi. Bagi anda yang ingin mencoba dapat mengunjungi, lihat saja tanda plang nama seperti di bawah ini:

Pusyantip

Pusyantip

Jenis Telepon Yang Digunakan

Jenis Telepon Yang Digunakan

Selamat mencoba. Semoga!

Iklan

From → Internet

10 Komentar
  1. rialdi permalink

    proyek apaan.kami maintenan uso sumbar sudah 1tahun tak dibayar makanya banyak telpon uso yang mati

  2. ericsdx permalink

    kemana masyarakat harus mengadu ?

  3. ericsdx permalink

    jaringan telekomunikasi tsb ditempat saya mulai waktu dipasang sampai sekarang belum maksimal,masyarakat pun sangat kecewa akan hal itu. buktinya jika pico bts dihidupkan akan ngedrop signal HP ya ada (200 meter kiri kanan dari tempat pico tsb ditempatkan). (a.n warga peusangan selatan,bireuen,aceh).

  4. markasi permalink

    benar lo anak desa ,,,,, so itu pasti loo,,,,,proyek habisin duit rakyat dengan jurus aji mumpung,,,,,,,,,,,,,buktinya tempat aku yang sangat terpencil usonya sudah lebih 1 tahun dipasang ngga bisa dipakai.
    Kalau begini ,,,,,,,,,,,siapa yang salah ,,,,,? programnya salah atau orangnya yang payah . wallahualam,,,,,,,,

  5. Zainuddin permalink

    seharusnya pemerintah tidak hanya membantu telepon umum untuk setiap desa karena sealin telepon internet juga di butuhkan di desa intuk dapat mengakses segala informasi yang sedang berkembang, supaya masayarakat yang tinggal di pedesaan tidak tertinggal informasi dan gaptek

  6. Sudah ada PLIK (Pusat Layanan Internet Kecamatan) bisa merujuk pada website Detik Inet dengan Search PLIK

  7. Zainuddin permalink

    Saya mengucapkan terimakasih kepada depkomminfo dan telkomsel dalam melasanakan program desa berdering, namun saya ingin bertanya :
    1. Apakah desa yang berdering atau desa POSYANTIP akan di lengkapi dan di pasang internet ? karena akses internet juga sangat di butuhkan
    2. program USO samapi kapan akan berjalan

    3. terimakasih

  8. gondo permalink

    Menurut ane itu program yang sangat bagus untuk desa – desa yang terisolasi dan dapat berkomunikasi dengan anak mereka yang sekolah dikota -kota besar, informasi pun tidak terhalang oleh jarak dan biaya.

  9. ahmad rifaudin permalink

    andai seluruh client/mitra uso di desa-desa maka akan sangat tepat sekali.

  10. anak_desa permalink

    informasi yang menarik ni.. mudah2an apa yang di rencanakan pemerintah dengan proyek ini dapat berjalan dengan baik… hehehe biasa, kalo proyek sih biasanya kualitasnya tidak sebagus perencanaan ckckckckc…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: