Skip to content

INFAL (PEMBANTU PENGGANTI) SAAT LEBARAN

12 September 2009

Para INFAL siap bekerja

Para INFAL siap bekerja

Setiap keluarga pada umumnya mempunyai pembantu untuk mengurus rumah tangga mereka. Baik keluarga kalangan atas maupun menengah. Mereka selalu butuh pembantu untuk memasak, mencuci, membersihkan rumah dan mengurus anak-anak yang masih kecil. Ini disebabkan setiap keluarga sibuk dengan berbagai kegiatan terutama suami-isteri yang bekerja.

Ada keluarga yang mampu membayar pembantu dengan klasifikasi tertentu (sesuai pekerjaannya) sehingga membutuhkan banyak pembantu dan ada pula keluarga hanya mampu membayar seorang atau dua pembantu saja.Suami dalam sebuah rumah tangga adalah penanggungjawab utama terutama menafkahi keluarga baik lahir maupun batin. Isteri hanya sebagai ratu yang mengurus keperluan keluarga. Tidak banyak beban isteri yang seharusnya dipikul, isteri tugas pokok melayani suami, melahirkan anak dan mendidiknya. Beban lain seharusnya memang harus ditugaskan kepada pembantu.

Untuk jaman modern sekarang ini, kebanyakan isteri juga ikut bekerja sehingga mereka sibuk dan tidak banyak waktu untuk mengurus keluarga secara permanen. Ada isteri yang menjadi wanita karir sampai mengalahkan suami atau menjadi isteri petinggi. Makanya fungsi ini dialihkan kepada pembantu, walaupun tidak sepenuhnya. Jadi tidak ada waktu untuk mengurus rumah tangga karena lelah dan capek.

Pembantu sangat berperan dalam melakukam aktifitas rumah tangga sebuah keluarga tertentu, kadang-kadang anak mereka lebih kenal sama pembantu dari pada ayah-mama mereka. Ini lazim saja karena kesibukan mereka masing-masing yang sangat padat sehingga mereka jarang jumpa untuk bisa bersama.

Pembantu sebenarnya seorang manusia yang mungkin tingkat ekonominya kurang beruntung. Tapi mereka juga punya halk-hak hidup yang harus mereka lakoni sehingga tujuan hidupnya tercapai. Alangkah baiknya sebuah keluarga yang mempunyai pembantu dan sangat bertanggungjawab. Mereka tidak diperlakukan semena-mena, selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Dan alangkah durhakanya bila mereka melakukan kebalikannya, nauzubillah.

Bagi pembantu yang beragama Islam, untuk setiap tahun mereka punya hak untuk berlebaran yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Selayaknya para pengguna jasa pembantu untuk bersabar dalam beberapa hari karena mereka merayakan Idul Fitri. Seharusnya mereka dibebaskan dari pekerjaannya dan juga diberikan THR agar mereka mendapatkan kesenangan di hari nan fitri.

Dewasa ini kebanyakan rumah tangga kelabakan bila tidak ada pembantu dan lahirlah istilah INFAL yaitu pembantu pengganti. Pembantu ini akan menggantikan pembantu permanen yang mungkin mudik untuk lebaran. Seharusnya mereka juga merayakan lebaran (bila yang Islam) dan tidak bekerja walaupun dalam masa beberapa hari saja. Beda halnya bila mereka non muslim.

Banyak para penyedia jasa pembantu pengganti ini beroperasi terutama di Jakarta. Mereka mendatangkan pembantu dari mana saja untuk menjadi pembantu pengganti bagi setiap rumah tangga yang membutuhkannya. Sepantasnya ini tidak terjadi karena sangat sayang bila ada sebagian mereka harus bekerja pada saat moment penting seperti lebaran ini. Tapi bila mereka merekrut yang non muslim mungkin sangat mendukung, tapi kebanyakan keluarga tentu beragana Islam. Akibat desakan ekonomi kita sering mengabaikan hak-hak walaupun sangat penting. Wallahu ‘aklam.

Iklan

From → opini

3 Komentar
  1. Terima kasih informasinya, Mas..

    Untuk rekan-rekan yang perlu pembantu pengganti, listnya ada di http://irwan.net/lainnya/daftar-baby-sitter-pengganti-atau-pembantu-pengganti/

  2. wah ada juga pembantu cadangan..hehehe
    seperti yang dikatakan pakdhe cholik, bahwa pemain cadangan itu sangat diperlukan..dalam hal ini berarti pembantu cadangan sudah naik jabatan menjadi pembantu utama..
    salam rimba raya lestari..

  3. Utari permalink

    Ada cara mengatasinya ….

    mampir di http://varajauza.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: