Skip to content

INDONESIA MUSIBAH

1 Oktober 2009

Indonesia sepanjang waktu tidak pernah sepi dari musibah sejak zaman reformasi sampai sekarang ini. Hampir setiap hari diberitakan di koran atau pun dimedia lainnya adanya musibah banjir, kebakaran, gempa, penggusuran pedagang oleh satpol PP, dan lainnya.
Menurut catatan tahun 2009 hampir 200 kali terjadinya kebakaran dan 60 kali getaran gempa yang dirasakan manusia.  Memang wilayah Indonesia berada di daerah rawan gempa, karena banyaknya gunung berapi dan lempengan yang selalu hidup, yang kata para ahli  setahun terjadi pergeseran sejauh 1-2 inci. Ini bisa dimaklumi seperti negara Jepang namun musibah banjir, kebakaran dan lainnya bukankah akibat ulah tangan manusia?

Penebangan hutan yang melampau batas (illegal logging) tanpa penghijauan kembali dan pembakaran hutan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungkawab yang menyebabkan hutan menjadi gundul dan tingkat panas yang meningkat. Hutan gundul sehingga air hujan tidak tertampung/terserap dalam huma, air langsung turun gunung dan sungai meluap tentu banjir yang kita rasakan.
Bila manusia sadar sebagai khalifah di muka bumi, sebagai pengelola dan pengatur alam untuk kesejahteraan sepanjang waktu maka hal ini tidak akan kita lakukan. Kita tetap melestarikan hutan sebagai paru-paru dunia dan melindungi kebutuhan kayu untuk masa yang lama sehingga siklusnya tetap stabil sepanjang masa.
Semoga dengan banyaknya musibah yang terjadi dapat menyadarkan kita semua, memperbaiki segala kesalahan masa lalu dan tidak mengulanginya lagi demi kesejahteraan bersama. Semoga

Iklan

From → opini

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: