Skip to content

Jln. KUTILANG, SUKADAMAI

6 Oktober 2009

Beberapa waktu lalu aku bersama teman-teman mengelilingi kota Banda Aceh untuk penjualan kartu pasca bayar dari Telkomsel dengan nama Buy 1 Get 1. Kami menelusuri keramaian kota dan dan kawasan-kawasan tertentu, tiba-tiba aku memasuki suatu desa dan tepatnya memasuki jalan Kutilang dusun Sukadamai.

Aku langsung teringat kepada suatu korp yang mengurus urusan lalu lintas yaitu Korp Polisi (Satlantas). Karena kita juga pengguna kenderaan, pasti sering juga terjaring razia walaupun semua kelengkapan administrasi kita miliki. Ini untuk kelancaran dan kenyaman berkendaraan.Urusan pengaturan lalu lintas memang sangat baik dan dibutuhkan masyarakat untuk kenyamanan dan kelancaran berlalu-lintas dimana kita dituntut memiliki atribut yang melekat seperti STNK, SIM, Nota Pajak, Helm Standar, Surat Lapor bagi kenderaan luar Aceh (non BL) dan lainnya.

Polisi sering melakukan razia bagi pengendara kenderaan untuk menindak para pelaku yang curang atau mungkin juga untuk menjaring sindikat para pencuri kenderaan. Operasi yang sering digelar seperti Operasi Rencong atau Operasi Ketupat, banyak kenderaan yang terjaring terutama pengguna tidak memiliki kelengkapan di atas.

Bila kita terjaring maka pak polisi akan mengatakan “anda kami tilang” artinya kita ditahan dengan maksud untuk melengkapi kelengkapan, dan akan diberi surat tilang sesuai nominal denda yang dikenakan. Bila kita ditilang, umumnya pengendara juga ingin lancar alias tidak ribet maka akan kita takatan “damai saja Pak” atau kita selesaikan di sini saja Pak. Ini tentu sangat identik dengan nama dusun di atas yaitu “Sukadamai”. Maka tawar menawar terjadi dan urusan lancar kembali.

Saya tidak bermaksud mengekspolitasi tindakan pak Polisi tapi hanya sekedar pengalaman tempoe dulu, jadi hanya sharing aja, karena terinspirasi atas nama jalan dan nama dusun itu. Semoga tidak mengganggu pembaca dan kita harapkan kepada penegak hukum agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan juga kepada para pengguna jalan agar dapat mematuhi segala peraturan yang ditetapkan, sekali lagi untuk kelancaran dan kenyaman kita bersama. Semoga!

Iklan

From → opini

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: