Skip to content

HALAL BI HALAL

8 Oktober 2009

Setiap habis puasa dan pasti kita bertemu dengan lebaran idul fittri. Setiap muslim merayakannya dengan penuh kegembiraan, bersilaturrahmi baik sesama keluarga maupun kerabat. Semua mengenakan pakaian serba baru, dari baju baru sampai sepatu baru, dari peci baru sampai sajadah baru dan wewangian yang semerbak. Ini mencerminkan bahwa setiap muslim sudah sukses melalui bulan ujian dan cobaan dengan berjuta hikmah (bagi yang mau memanfaatkannya).
Kita hidup dalam komunitas baik secara umum maupun komunitas tertentu. Selama lebaran mungkin kita tidak sempat mengunjungi kerabat satu persatu dalam satu komunitas yang disebabkan oleh waktu dan ruang. Kita terpisah oleh jarak yang sulit ditempuh. Maka suatu kebijakan yang sering dilakukan oleh komunitas tertentu yaitu halal bi halal.
Halal bi halal dilakukan pada waktu tertentu untuk dapat bersilaturrahmi sesama anggota komunitas sehingga semua terkumpul dan dapat menyatu. Ini memberikan banyak manfaat terutama menjalin ukhuwah yang lebih erat dan dapat menciptakan suatu keharmonisan dalam menjalani kehidupan atau kegiatan dalam komunitas.
Halal bi halal juga merupakan salah satu bentuk syiar Islam yang secara langsung dapat dinikmati karena di samping adanya acara makan-makan juga diadakan ceramah atau wejangan yang disampaikan oleh ustad.
“Semoga dengan halal bi halal dapat meningkatkan ukhuwah sesama”. Semoga

Iklan

From → opini

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: