Skip to content

TOWER TELEKOMUNIKASI

2 November 2009

Kerangka yang terbuat dari besi baja atau besi biasa dan dirangkai satu sama lain di atas tanah atau landasan tertentu sering di sebut tower. Bentuk dan tingginya juga beragam, ada yang berbentuk segi empat kerucut atau segi tiga kerucut, tergantung kebutuhan sang pengguna. Tower ini banyak digunakan oleh penyedia layanan informasi baik radio, televisi maupun komunikasi, juga penyedia jasa lainnya seperti PLN.

Hampir di seluruh dunia kita mendapatkan bangunan ini dan mudah dilihat karena tingginya menjulang, tertinggi 150 meter. Fungsi utama dari tower ini adalah sebagai tempat melekatkan perangkat pendukung untuk suatu jaringan.
Namun sering juga kita dengar bahwa banyak diantara orang orang yang memanfaatkan sebagai ajang main main seperti tempat rencana bunuh diri. Rencana bunuh diri mungkin lebih asyik bila dilakukan di atas tower karena sekali melompat ke bawah dari ketinggian sekian bisa langung mati, beda dengan gantung diri atau meminum baygon atau jenis racun lainnya. Tapi awas ya tulisan ini bukan anjuran untuk anda bunuh diri.
Untuk membangun sebuah tower tentu membutuhkan biaya besar, tapi tergantung kebutuhan juga. Mungkin buat tower pemancar radio cukup dengan biaya puluhan juta tapi kalau jaringan komunikasi bisa mencapai ratusan juta.
Para penyedia layanan komunikasi tetap melakukan investasinya walaupun mahal karena ingin melayani konsumen dengan sepuasnya. Seperti PT. Telkomsel yang cukup banyak membagun tower di seluruh Indonesia dari pusat kota sampai pelosok desa untuk mencapai tingkat penyediaan signal prima. Karena sesuai dengan semboyan Telkomsel dapat menyatukan bangsa.
Semoga Telkomsel tetap jaya sampai kapan pun.

From → opini

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: