Skip to content

BERSYUKUR KEPADA ALLAH SWT

5 November 2009

Setiap hari manusia memanfaatkan fasilitas gratis yang disediakan Allah swt seperti udara, air, makanan, kesehatan, usia, cuaca, dan lain sebagainya. Misalnya udara, 6 milyar lebih penduduk bumi menghirupnya namun tak ada habisnya, demikian juga air mungkin triliun liter dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya juga tidak pernah habis. Demikian juga dengan fasilitas lain, tak ada habisnya. Semua ini sebagai tanda bahwa Allah swt Maha Kuasa.

Namun kita kadang kala lupa untuk bersyukur bahkan tidak pernah bersyukur. Ini memang salah satu sifat kesombongan manusia. Kita merasa bahwa alam ini terjadi demikian saja tanpa ada yang menciptakan dan mengaturnya. Alam tak akan pernah musnah menyediakan fasilitas untuk kita.
Anggapan ini sangatlah keliru karena sesungguhnya alam ini ada yang punya termasuk manusia yaitu Allah swt. Kita
diciptakan dan diberi fasilitas untuk dapat menikmati kehidupan sampai batas tertentu. Kita dilahirkan ke dunia ini dengan tujuan utamanya berbakti kepada Allah swt sebagai mana ditegaskan dalam al-quran bahwa tidak Ku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah kepadaKu.
Seharusnya manusia itu sadar dan berterimakasih kepada Allah swt dengan selalu mengingatNya (dengan melakukan ibadah) dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, yang sering disebut bersyukur.
Bersyukur dalam artian tidak hanya mengucapkan alhamdulillah tetapi harus dengan perbuatan dan amalan. Kata alhamdulillah memang sangat mudah diucapkan oleh siapa pun terutama bila mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Inii tidak cukup sebagai tanda kita bersyukur karena harus dibuktikan dengan perbuatan bahwa menjauhkan diri dari segala larangan dan mendekat kepada suruhan. Jadi bersyukur harus dengan perbuatan dan perkataan.
Allah swt mengatakan bahwa bila manusia itu bersyukur atas nikmatKu maka akan Aku tambah nikmatnya dan… Ini membuktikan betapa pentingnya kita selalu bersyukur baik dengan lisan, hati dan perbuatan.
Semoga kita tergolong kepada golongan orang-orang yang pandai bersyukur. Semoga

From → opini

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: