Skip to content

BUSANA ISLAMI

9 November 2009

Islam mengatur seluruh sisi kehidupan kepada pemeluknya sehingga dapat berbeda dengan penganut agama lain. Salah satunya yaitu busana, baik laki laki maupun wanita. Ini untuk menjaga ketertiban dalam pergaulan sehari hari, di mana dapat membatasi pandangan mata, meredupkan nafsu lawan jenis, demikian juga dengan Allah swt.

Baik laki atau perempuan diwajibkan mengenakan pakaian islami sebagaimana firman Allah swt dalam Surat An-Nur ayat 31 yang artinya “Katakanlah kepada wanita wanita beriman supaya membatasi pandangannya dan menjaga kehormatan dan janganlah menampakkan perhiasannya (badan atau tubuhnya) kecuali hanyalah yang biasa nampak yaitu (wajah dan dua telapak tangan) dan haruslah mereka menutupkan kain kerudungnya hingga ke dada. Janganlah mereka menampakkan badannya itu kecuali kepada suami mereka…”.
Juga Hadis Nabi, Sabdanya: Sabda Nabi kepada Asmaa Abu Bakar “wahai Asmaa, anak perempuan kalau sudah haid (baligh) tidak boleh lagi menampakkan tubuhnya kecuali hanyalah ini dan ini (sambil menunjuk kepada muka dan telapak tangan). HR. Abu Daud.
Dan banyak lagi dalil dalil yang mewajibkan orang Islam memakai pakaian Islami. Islam tidak menetapkan secara khusus model, jenis kain dan semacamnya. Namun yang perlu diperhatikan adalah kriteria kriteria yang memenuhi syarat sebagai pakaian Islami, antara lain:
1. Pakaian harus dapat menutup seluruh aurat yang wajib ditutupi baik laki laki maupun perempuan.
2. Aurat wanita berhadapan dengan Allah swt adalah seluruh tubuhnya seperti yang sering kita lihat dalam salat. Demikian laki laki antara pusar dan lutut. Wanita berhadapan dengan mahram adalah antara pusar dan lutut plus bagian tertentu pada dada. Wanita berhadapan dengan bukan mahram adalah seluruh tubuh kecuali muka, ujung tangan hingga pergelangan dan ujung kaki hingga mata kaki. Berhadapan dengan suami tidak ada bagian yang wajib ditutupi meskipun dianjurkan tidak serba terbuka.
3. Bahan pakaian haruslah dari material yang halal yaitu halal bahannya dan halal pula cara memperolehnya dan tidak transparan.
4. Longgar, tidak ketat sehingga tidak nampak lekuk tubuhnya. Kalau semuanya itu nampak dari luar maka dianggap tidak berpakaian.
Demikianlah beberapa kriteria yang patut kita laksanakan untuk menjaga harkat dan marwah Islam yang sangat terpuruk dewasa ini, akibat terutama para orang muda Islam yang tidak lagi suka dengan Islamnya. Padahal busana salah satu pembeda yang jelas antara Islam dengan non Islam.
Sumber: Serambinews.com

From → agama, opini

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: