Skip to content

HUTAN LINDUNG

13 November 2009

Hutan merupakan paru paru dunia yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Hutan menghasilkan kayu, rotan yang sangat bermanfaat bagi manusia juga sebagai tempat hidup ribuan makluk hewan dan sebagai penyeimbang ekosistim. Bila hutan tetap terpelihara maka kehidupan tetap lebih baik sepanjang masa.

Indonesia merupakan negara yang mempunyai hutan terluas di dunia dan banyak menghasilkan kayu kayu yang langka serta banyak terdapat hewan hewan, sekarang kondisinya sangat memprihatinkan. Ini disebabkan oleh para petinggi pemerintahan yang banyak memberikan izin untuk penebangan untuk mengambil kayu dan juga banyaknya ilegal loging. Hutan menjadi gundul, penampungan air jadi rusak dan hewan hewan pun lenyap karena terganggu.
Iklim sudah tidak jelas selama ini atau perubahan iklim yang tidak menentu karena hutan juga sangat menentukan buat pemenasan global di samping efek lainnya. Banyak proses penanaman kembali yang dilakukan dengan aksi goGreen, baik oleh pemerintah, NGO atau para pemerhati lingkungan tapi kebanyakan tidak sukses karena tidak didukung sepenuhnya oleh masyarakat. Saya sudah beberapa kali menghadiri acara reboisasi dan ketika saya kembali ke tempat itu tidak ada sebatang pohon pun yang tumbuh, ada yang hilang dan ada yang mati.
Seharusnya pemerintah melakukan sosialisasi untuk program penanaman kembali hutan kepada masyarakat dan menindak serta menghukum pelaku ilegal loging, jangan hanya semboyan saja, tapi harus srius. Banyak seminar dan meeting baik nasional maupun dunia tentang hutan dan reboisasi tapi kita rasakan hutan semakin hari semakin gundul saja.
Mari kita selamatkan hutan walaupun hanya menanam satu pohon tapi ia tumbuh dan rindang dibandingkan proyek reboisasi dengan sejuta pohon, tidak ada yang tumbuh. Semoga

Salah satu kawasan hutan saree, Aceh.

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: