Skip to content

TAUBAT NASHUHA

13 November 2009

Setiap manusia pasti ada dosanya kecuali Nabi Muhammad saw yang wara’, baik dosa kecil maupun dosa besar. Dosa dosa ini bila kita lakukan terus menerus maka akan semakin jauh dari Allah swt dan juga akan mendapat siksa diakhirat nanti. Sesungguhnya Allah itu dekat, tergantung sejauhmana kita mau mendekatinya.

Untuk membuat agar kita tidak berdosa maka tentu dengan jalan taqwa. Orang bertaqwa pasti akan terlindung dari segala perbuatan dosa karena sangat takut akan siksa Allah swt. Tapi bila kita terlanjur berbuat dosa maka Allah swt masih membuka jalan agar bersih dari dosa yaitu dengan cara taubat nashuha. Taubat ini memang tidak mudah untuk kita laksanakan tetapibila keinginan itu datangnya dari hati yang paling dalam serta penyesalan, insya Allah kita bisa.
Adapun etika untuk melakukan taubat nashuha dapat ditempuh dengan:
1. Kita harus menyesali perbuatan yang telah membuat berdosa dan rasa bersalah. Perbuatan ini tidak akan pernah kita ulangi dan memohon kepada Allah swt untuk diampuni. Ini harus dengan tekad dan dari hati yang paling dalam sehingga kita yakin se yakinnya untuk mendapat ampunan Allah.
2. Kita harus menunaikan hak Allah swt. Misalnya kita meninggalkan shalat maka harus ditunaikan sebanyak yang kita tinggalkan. Kita meninggalkan puasa maka harus ditunaikan puasa itu sebanyak yang ditinggalkan, dan lain sebagainya.
3. Hak sesama manusia. Bila kita melakukan dosa seperti mencuri, maka harus kita kembalikan hasil curian kepada empunya dan memohon untuk dimaafkan karena kita ingin bertaubat.
4. Harus taubat dengan benar dan tidak pernah lagi ingin berbuat dosa kapanpun.
Demikian yang dapat disampaikan sebagai kesimpulan pada khutbah jumat kali ini. Allah swt mengatakan bahwa setiap kaum muslimin atau orang yang beriman bersegeralah untuk bertaubat nashuha agar kita bisa hidup aman dan nyaman dalam lindunganNya.
Semoga kita semua menjadi orang orang bersih baik lahir maupun batin dan selalu mengakkan amar makruf nahi mungkar. Semoga

From → agama

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: