Skip to content

2012, THE WORLD TO END

18 November 2009

Sekarang ini lagi sibuknya para pecinta film layar lebar untuk menonton film 2012 yang kisahnya menggambarkan dunia akan berakhir (kiamat). Banyak yang pro dan kontra dengan film ini, seperti Majelis Ulama Indonesia wilayah malang telah mengharamkan untuk di tonton dan MUI pusat masih mengkaji (memang selalu terlambat). Film ini memang memberikan gambaran bagaimana bumi hancur, manusia mati, gedung gedung berantakan di babat gempa serta gelombang air laut. Asyik juga trik trik yang disajikan yang dapat membuat kita tergugah untuk sadar bahwa dunia pasti akan berakhir.

Dibalik semua yang ditampilkan di film ini kita harus mengkaji dan memahami dengan benar tentang hari kiamat agar memberikan suatu yang jelas sehingga tidak simpang siur dalam memahami hari kiamat (sesat). Dan kita jangan terpengaruh dengan keyakinan bahwa benar-benar akan terjadi kiamat pada 2012 nanti. Namun film ini dapat memberikan manfaat buat kita renungkan sejenak supaya kita sadar dan menyadari bahwa kiamat pasti datang dan akan lebih dahsyat. Sebagaimana di gambarkan dalam Al-Quran di banyak tempat antaranya: QS. Al-Qiyamah, QS. Al-Furqan, QS. Al-Waqi’ah, QS. Saba’, dan lain-lain serta hadis Nabi saw.

Sebagai bahan renungan mungkin dapat kita tarik beberapa kesimpulan, antaranya:

1. Memberikan gambaran bahwa hari kiamat pasti ada dan dunia akan pasti hancur, tidak ada yang tersisa walau sedikit pun. Hanya Allah swt yang tinggal karena Ia Maha Hidup (yang menghidupkan kita semuanya). Pada hari itu tentu tidak berguna semua yang kita miliki karena hancur di telan bumi, tidak ada jual beli dan persahabatan serta kasih sayang. Semua terperangah dan mati.
2. Membuat kita akan lebih takut kepada datangnya kiamat itu sehingga mendorong untuk selalu beribadah kepadaNya, menjauhkan perbuatan-perbuatan maksiat dan melakukan taubat nashuha sehingga persiapan untuk menuju akhirat selalu siap. Kita akan beramal sebanyak-banyaknya karena hanya ini yang membuat nyaman dan aman di akhirat nanti.
3. Kita akan sadar dan insaf serta memperbaiki segala tatanan kehidupan yang lebih baik dan Islami. Kita akan beriman dengan Islam dan menjalankan syariahnya sebagaimana Allah swt tegaskan.
4. Menambah keimanan dan ketaqwaan dan hidup semata-mata karena Allah swt bukan karena yang lain seperti tahta, harta dan wanita (semua ini selalu menyesatkan manusia).

Semoga kita semua tidak terkecoh dengan film ini dan hanya dapat memetik manfaat yang berguna saja untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Semoga

 

From → opini

One Comment
  1. Kiagus Ridhwan permalink

    Aslm , ya shrs y q ta harus bnr2 mengkaji lbih cermat lg … melihat sisi negatif y saja tanpa melihat sisi baik y menurut saya itu jg kurang bijak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: