Skip to content

MUSUH GLOBAL BERNAMA KORUPSI

23 November 2009

Korupsi merupakan fenomena global yang seolah-olah sudah mendarah daging. Bersadarkan hasil riset Transparency International tentang Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2009 tidak ada satupun negara yang disurvey kebal dari tindak kejahatan kerah putih ini. Korup terjadi diseluruh negara bahkan si negara yang tergolong bersih sekalipun.

Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa tantangan terbesar dunia tidak hanya berkutat masalah ekonomi tetapi juga korupsi. Dari 180 negara yang disurvey, 129 di antaranya mendapat skor di bawah 5. Hanya 51 negara yang memiliki skor di atas atau sama 5. Memang ada perbedaan persepsi antara negara maju dan negara berkembang di mana negara berkembang cenderung dipersepsikan lebih korup dibanding negara maju.
Skor untuk negara maju seperti Selandia Baru 9,4 Denmark 9,3 dan Singapura/Denmark sama-sama berada dengan nilai 9,2. Sedangkan negara berkembang semua mendapat nilai 5.
Dewasa ini kebanyakan negara berkembang masih dihadapakan pada ancaman krisis multi dimensi walaupun ada tanda membaik. Secara politik, pada umumnya mereka baru belajar berdemokrasi bahkan sebagiannya masih bertahan dengan sistem otorianisme sehingga kerap terbentuk mosi tidak percaya terhadap pejabat publik. Demikian juga secara ekonomi mereka masih dihadang kelaparan, krisis keuangandan sebagainya seperti di negara somalia, zimbabwe, dll.
Bangunan kestabilan politik yang disyaratkan dari adanya kepastian hukum pun masih cenderung rendah. Dari segi birokrasi dan pelayanan publik, manajemen pemerintahan yang dilakukan negara-negara berkembang masih kalah profesional dari negara-negara maju serta peraturan yang berbelit-belit dan mekanisme perizinan usaha tidak satu atap telah membuka peluang terjadinya korupsi atau praktik suap yang dilakukan pelaku usaha.
Bagaimana dengan Indonesia?
Sumber: Kompas.com

From → opini

One Comment
  1. citromduro permalink

    hayo kita brantas korupsi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: