Skip to content

MEMAKSIMALKAN FUNGSI AC MOBIL

25 November 2009

Di negara beriklim tropis seperti Indonesia, pada musim panas, teriknya sinar matahari sangat terasa dan sampai ke dalam mobil, saat berkendara. Dinginnya Air Conditioner (AC) mobil anda terkadang sudah tidak mampu membawa hawa dingin ke seluruh area mobil.

Sebenarnya ini bukan berarti mutu AC jelek dan tidak berkualitas tetapi sangat dimungkinkan karena kurangnya perawatan. Ada beberapa kiat yang dapat membantu memaksimalkan fungsi AC anda, antaranya:
1. Saat baru memanaskan mesin mobil jika hendak berkendara, sebaiknya jangan langsung menghidupkan AC. Biarkan mesin stabil terlebih dahulu lalu hidupkan AC. Sebaliknya ketika mematikan mesin mobil, matikan AC terlebih dahulu lalu matikan mesin mobil. Tujuannya agar beban kerja AC tidak berat.
2. Langkah selanjutnya ialah dengan menjaga kebersihan bagian dalam mobil terutama kabin agar tidak berebu. Jika debu atau kotoran masuk ke dalam evaporator AC, maka lambat laun akan menyumbat dan membuat AC menjadi tidak dingin. Untuk mejaga kebersihan, sebaiknya anda jangan merokok di dalam mobil. Selain berdampak buruk bagi kesehatan anda, asap rokok dapat menimbulkan bau yang tidak enak dan sulit dihilangkan. Nikotin rokok juga dapat mengotori evaporator. Pasalnya udara yang dihasilkan juga menjadi tidak sehat dan dapat menimbulkan bau apek atau tidak sedap.
3. Saat hendak memarkir mobil pilihlah tempat parkir yang teduh jika anda memarkir dengan waktu lama. Parkir di tempat yang panas mengakibatkan ruang dalam mobil panas juga dan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Oleh sebab itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.
4. Saat cuci mobil, bukalah kap mesinnya dan semprotkan air pada bagian kondensor AC. Kotoran atau debu yang menempel dapat menyebabkan korosi atau keropos sehingga bagian kondensor bocor.
5. Selain itu lakukanlah pemeriksaan atau servis rutin seperti isi freon, kuras kondensor, dan membersihkan evaporator ke bengkel minimal setiap enam bulan sekali sehingga AC tetap terjaga, pemakaian akan aman dan nyaman. Semoga bermanfaat

From → Info

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: