Skip to content

FACEBOOK MEMBAWA BERKAH DAN PETAKA

30 November 2009

Facebook merupakan jaringan sosial yang sangat populer dewasa ini, mengalahi twitter, friendster, msn, yahoo, opera, walaupun masing-masing punya user tersendiri. Memang fb beda jauh dengan yang lain karena banyaknya fasilitas yang dapat digunakan atau aplikasinya sehingga kebanyakan suka dengan fb, termasuk para petinggi dunia seperti Obama, dan tidak luput pula para kelas bawah, buruh dan pak tani sekalipun selalu berfacebook ria.

Jaring sosial banyak membawa berkah walaupun dalam bentuk uang atau kepuasan. Kita dapat mempromosikan diri, menjual barang-barang melalui iklan, atau mengupdate status dengan pernyataan yang bermanfaat, berdakwah, menyampaikan infomasi, dan lain sebagainya.
Namun adakalanya membawa petaka seperti yang sudah banyak terjadi. Ada pengguna fb rumahnya disatroni maling karena update status bahwa ia tidak di rumah, perceraian, rumah tangga jadi terganggu, tuduhan yang berakhir penjara, tidak di bayar tunjangan asuransi kesehatan akibat foto-fotonya nampak sehat dan bugar, jadi status kaya karena ia punya fb, putus pacar atau pacaran terganggu dan lainnya.
Untuk menggunakan fb sebaiknya kita tidak dengan mudah menyampaikan sesuatu apa adanya bila menyangkut masalah pribadi tapi kita juga tidak sembarang percaya apa yang ditampilkan orang atau kawan di fb. Karena sebenarnya fb hanya hubungan di alam maya saja sulit untuk diterjemahkan di alam nyata. Kadangkala di fb katanya begitu tapi nyatanya beda.
Kita semua punya tujuan tertentu dalam menggunakan jaring sosial, semua terserah kepada penggunanya, ini hanya sebatas sharing saja akibat pengalaman yang tidak mengenakkan terjadi walaupun yang menimpa kawanku, untuk lebih berhati-hati dalam bermain di alam maya. Semoga bermafaat

From → opini

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: