Skip to content

WAKTU SUBUH

4 Desember 2009

Islam merupakan agama yang sempurna di muka bumi, Allah swt hanya mengakui Islam sebagai agamNya (ad-din). Dalam Islam diwajibkan lima kali sehari semalam untuk menyembahNya (shalat) antara lain, Isya, Subuh, Zhuhur, Ashar, dan Magrib. Di samping waktu lainnya untuk shalat sunat yang tidak terbatas selama 24 jam, kecuali pada waktu tertentu yang diharamkan.

Salah satu waktu yang sangat baik adalah waktu shalat subuh karena waktu ini banyak umat Islam lagi lelap tidur, sementara para malaikat menyebarkan rahmat dan nikmat dari Allah swt.
Bila umat Islam itu taqwa maka ia akan bangun untuk melaksanakan shalat subuh dan selalu berdoa agar diberi rahmat dan nikmat. “shalat lebih baik dari pada tidur” ini memberikan gambaran bahwa tidur di waktu shubuh tidak baik untuk kesehatan. Makanya Allah swt menempatkan waktu ini untuk dilaksanakan umatNya (shalat subuh), setelah sekian lama tubuh beristirahat, lebih kurang 5-7 jam dan memberi waktu bagi badan untuk berolah raga, menghirup udara segar sehingga paru-paru jadi bersih.
Ada beberapa keutamaan di waktu subuh, antaranya:
1. Waktu subuh para malaikat menebarkan rizki bagi para mahkluknya sehingga barang siapa yang membentangkan tangan akan mendapatkan nikmat itu.
2. Waktu yang sangat baik untuk berdoa atau bermunajat kepada Allah swt sehingga cepat makbul, tentu dengan syarat dan ketentuan tertentu.
3. Memberikan udara bersih yang sagat baik buat kesehatan. Waktu ini semua carbon dioksida sudah dibersihkan oleh tumbuh-tumbuhan sehingga udara menjadi segar.
4. Saat yang tepat untuk memulai aktifitas hari ini, seperti berdagang, ke kantor (menghindari macet), dan aktifitas apa saja yang bermanfaat.
5. Bagi insan pasutri yang tidak sempar yang tidak sempat melakukan hubungan badan pada malam hari, menurut para ahli sex waktu ini juga saat yang tepat untuk melakukannya.
6. Dan lain sebagainya yang sangat baik dilakukan pada waktu ini karena waktu subuh saat yang tenang, adem-ayem, bersih dan segar.
Tetapi inti dari pada waktu subuh adalah shalat subuh dan melakukan aktiftas ibadah lainnya sehingga dapat menjadi insan Islam yang bertakwa kepada Allah swt. Semoga

From → agama

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: