Skip to content

BIBIT LUNCURKAN BUKU “KORUPTOR GO TO HELL”

17 Desember 2009

Menjabat sebagai salah satu pimpinan KPK membuat Bibit Samad Rianto makin paham lika-liku penegakan hukum, khususnya pemberantasan korupsi. 
Pengalaman pernah dipidana dan masuk bui selama 96 jam bersama rekannya, Chandra M Hamzah, akibat sepak terjangnya memberangus korupsi membuatnya sadar bahwa kejahatan yang menggerogoti sendi-sendi kehidupan bangsa itu tidak mudah dihentikan. Tantangan, godaan, bahkan bahaya juga mengancam para penegak kebenaran itu sendiri.

Berdasarkan pengalaman itulah, ayah empat anak ini akhirnya memutuskan membuat buku tentang korupsi. Rabu (16/12/2009) malam pukul 20.00, sebuah buku berjudul Koruptor Go To Hell diluncurkan. Buku itu mengupas anatomi korupsi di Indonesia.
Dalam sebuah acara makan malam di Golden Ballroom Hotel Sultan, pria yang sebelumnya lama mengabdi sebagai polisi dengan pangkat terakhir inspektur jenderal (irjen) itu pun menjadi bintang. Sejumlah tokoh penting dan tersohor di negeri ini hadir dalam peluncuran bukunya.
Di antaranya, Kwiek Kian Gie, Todung Mulya Lubis, Yudhy Crisnandi, Mas Achmad Santosa, Sri Edi Swasono (ekonom), dan Adnan Buyung Nasution.
Tampil dengan kostum santai berupa kemeja hijau muda dipadu dasi hijau muda dan celana kain abu-abu plus jaket kain kesukaannya, Bibit tampak sumringah dengan senyuman khasnya yang mirip dengan wajah Kolonel Sanders penemu resep ayam Kentucky.
Menurut Bibit, bukunya ditulis berdasarkan pengalaman bekerja selama 30 tahun menjadi polisi dan kini menjadi pimpinan KPK. Ia menilai, kalau bicara korupsi, maka berarti kejahatan tidak cukup dengan penindakan, tetapi perlu dicegah.
“Penjara boleh penuh, tapi kejahatan tetap terjadi sehingga masyarakat harus bersama-sama untuk mencegah korupsi,” ujar Bibit.
Saat ditanya mengenai sosok yang paling banyak membantu dalam penulisan bukunya ini, Bibit mengatakan wartawan. Tidak cuma melalui pemberitaannya, tetapi dalam pembuatan buku, ia juga menyerahkannya kepada seorang wartawan senior, Norlis, untuk merapikan tata bahasa agar enak dibaca.
Selain memaparkan bahaya korupsi, Bibit dalam bukunya juga memberikan beberapa contoh kasus korupsi dan cara menangani saat penyelidikan dan penyidikan.
Dia juga memberikan catatan bahwa, dalam pemberantasan korupsi di Indonesia, masih banyak yang belum sempurna, khususnya masalah pencegahan. Kemudian, secara internal KPK, Bibit menyebutkan bahwa standar operasional prosedur (SOP) di KPK perlu dibenahi.
Persembahan untuk rakyat
Lalu kepada siapakah buku itu dipersembahkan? “Ini persembahan untuk masyarakat Indonesia,” ungkap Bibit. Selain potong tumpeng, peluncuran buku diisi dengan hiburan lagu-lagu kritik sosial yang dinyanyikan Franky Sahilatua dan diskusi bersama Kwiek Kian Gie, Adnan Buyung Nasution, dan Bibit sendiri. Sementara itu, sejumlah tokoh juga diberikan kesempatan memberikan kesan terhadap peluncuran buku Koruptor Go to Hell.
Ekonom Sri Edi Swasono mengatakan, tugas mengusir koruptor adalah tugas yang berat karena selama ini Indonesia terkenal sebagai surganya koruptor. Namun, jika benar komitmen memberantas korupsi kuat, maka dia meminta agar KPK membuka kembali kasus BLBI yang sudah diendapkan.
Plt Ketua KPK Tumpak Hatorangan Panggabean mengaku iri dengan penerbitan buku Bibit. Dia pun memuji dan berharap agar kelak bisa mengikuti jejak Bibit membuat buku.
“Luar biasa Pak Bibit. Saya iri lho sama Pak Bibit, sudah berjuang di KPK dan menghasilkan buku seperti ini. Mudahan opung-opung seperti saya juga bisa,” ujarnya.
Tumpak pun berharap agar buku Bibit bisa menggugah seluruh masyarakat Indonesia untuk memberantas korupsi.
Dia pun menutup kesannya dengan pantun manis yang katanya dipelajari dari Tifatul Sembiring, Menkominfo, yang memang dikenal suka berpantun.
Musim hujan tidak henti-henti/dua sejoli memadu kasih/Mari kita berantas korupsi/ untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih.” Begitulah pantun yang dibawakan Tumpak.

Sumber: Kompas.com

From → opini

2 Komentar
  1. ijinkan juga citromduro blog’s menyampaikan permohonan maaf serta mengucapkan

    SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH 1431 H

  2. citromduro permalink

    banyak corat coret dinding yang tidak berkenan dilakukan
    ijinkan dari pamekasan madura mengantarkan permohonan maaf atas segala ketidak perkenan
    saling memaafkan begitu indah di awal tahun baru

    SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH 1431 H

    salam dari pamekasan madura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: