Skip to content

GADIS ATAU JANDA

19 Desember 2009

Nikah merupakan sunnah Nabi saw dan diwajibkan nikah bagi setiap laki-laki yang sudah mapan artinya mampu bertanggungjawab baik lahir maupun batin. Bila belum mampu maka berpuasalah, hal ini untuk menahan gejolak hawa nafsu syahwat dan pandangan mata, demikian Rasulullah saw menganjurkan di dalam banyak hadis.

Untuk menjalin rumah tangga tentu harus punya komitmen yang jelas sejak awal karena bila planningnya tidak jelas alias asal nikah maka menyebabkan kegagalan dalam membina rumah tangga. Ini sudah lazim terjadi di masyarakat baik awam maupun orang-orang tertentu. Memang kita mengakui bahwa jodoh ada pada Allah swt, namun kita tidak bisa menyalahkanNya bila terjadi sesuatu karena kita punya hati dan akal untuk menentukan dan memutuskan. Dan soal jodoh adalah rahasia yang tidak ada manusia mampu menjawabnya, sama seperti bagian langkah, rizki dan pertemuan serta maut.
Laki-laki harus memilih wanita sebagai hakikat, mungkin jaman sekarang bisa sebaliknya karena semua berubah sejalan perjalanan waktu. Saat ini laki-laki banyak pilihan untuk memilih wanita karena antara gadis dan janda hampir sama banyaknya terutama di kota-kota besar. Nabi saw sangat menganjurkan memilih wanita perawan untuk dinikahi, mungkin salah satu sebab sebagai pemerataan dalam perkawinan. Kalau janda tentu sudah pernah nikah, jadi sebaiknya pilih yang perawan.
Bila pria memilih wanita perawan maka tentu banyak hal yang harus dipelajari untuk membina rumah tangga, sejak awal harus jelas orang tuanya, prilaku, aibnya, kelebihan dan kekurangannya karena perawan itu tanggungjawab orang tuanya. Mereka tidak punya hak untuk mau atau menolak lamaran, semua di atur orang tua atau wali. Jadi kayaknya susah juga memilih wanita perawan. Dan biasanya gadis punya nilai mahar yang tinggi karena harus serba baru.
Bila pria memilih janda maka tidak banyak masalah yang harus diselesaikan karena keputusan ada di tangannya, apakah ia mau nikah atau tidak. Orang tuanya hanya merestui saja kemauan si janda. Ini kelebihan bagi sang janda untuk membina rumah tangga selanjutnya. Dan biasanya mahar buat janda tentu murah meriah karena namanya juga second, ya maharnya pasti turun dan tentu tidak mengurangi nilai buat dirinya.
Jadi sebaiknya pilih janda saja bagi kita yang kurang mampu karena bila menginginkan perawan bakal tak pernah nikah, beda dengan orang yang punya, semua incaran pasti kesampaian. “TIDAK RUMPUT HIJAU, YANG KERING PUN JADI” Tulisan ini hanya sebuah renungan sore hari.

Iklan

From → Tak Berkategori

4 Komentar
  1. buraqmanari permalink

    murah meriah,,, hehehee

  2. ajahindra permalink

    Upaya memperbaiki Indonesia dan melepaskannya dari upaya makar antek-antek setan. Nyata!
    Apa itu makar? Ada makar apa?

    http://antimain.wordpress.com
    http://mutantbuster.wordpress.com

  3. Trims atas sairnya, Insya Allah akan selalu kukunjungi…

  4. Sobat…..!
    Aku datang dengan sejuta harap
    Menanti setetes embun pagi
    tuk singkirkan keringnya hati
    tuk tautkan harap
    sambungan uluran tangan
    sembari teriakkan gempitanya torehan tinta

    Sobat…..!
    Kusambangi dikau
    dengan untaian kata tak bermakna
    ukirkan indahnya rumah megahmu
    semoga kamu teringat slalu
    tuk jenguk rentanya gubukku
    sekedar torehkan tinta emasmu
    dihalaman BLOG tak bermaknaku
    agar jadi penyejuk hatiku!

    Sobat…..!
    Salam knal buatmu slalu
    ku tunggu kunjungmu di http://syaiful64.wordpress.com
    agar harapku tak lagi layu.
    SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1431H

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: