Skip to content

PROGRAM INTERNET UNTUK SEKOLAH

20 Desember 2009

Dunia pendidikan sangat penting bagi masyarakat karena menentukan masa depan bangsa. Masyarakat cerdas, bangsa pun maju demikian sebaliknya. Perkembangan ilmu pengetahuan tidak saja cukup pembelajaran tutorial kelas dan buku tetapi harus ditunjang oleh tekhnologi. Salah satu tekhnologi yang berkembang pesat yaitu internet. Di negara maju internet merupakan salah satu bagian yang menentukan buat dunia pendidikan. Hampir semua sekolah dan kampus telah tersedia fasilitas ini sehingga para siswa atau mahasiswa dapat sekolah, kuliah kapan dan dimanapun.

Di negara kita untuk saat ini pemerintah telah menyediakan internet buat sekolah-sekolah namun hanya untuk sekolah saja. Sebaiknya pemerintah dapat bekerjasama dengan operator penyedia internet (telekomunikasi) yang ada di Indonesia untuk menyediakan fasilitas paket internet lengkap (komputer dan jaringan internet) buat siswa. Ini dapat menunjang pembelajaran di mana guru dapat memberikan materi tambahan lewat internet, apakah berupa les, ujian harian dan lainnya.

Paket internet lengkap dapat disajikan dalam bentuk gratis atau ditanggung oleh pemerintah buat siswa yang orang tuanya miskin, demikian sebaliknya buat orang tuanya mapan dapat membeli baik cast atau kredit. Sekarang ini harga laptop sangat murah dan internet juga murah, mungkin satu paket hanya 5 juta rupiah dan biaya bulanan internet hanya 100 ribu sampai 150 ribu per bulan, tentu ini sangat mungkin bagi pemerintah melakukannya, mengingat anggaran yang cukup besar buat dunia pendidikan.

Untuk pedesaan dapat digunakan jaringan internet pakai modem, bila jaringan kabel susah digunakan. Tapi saat ini hampir seluruh desa punya jaringan internet kabel yang sudah dicanangkan untuk desa-desa. Program internet lengkap buat pendidikan hanya diperioritaskan untuk pendidikan artinya pemerintah dapat memblokir situs-situs yang tidak mendidik sehingga siswa tidak teracuni dengan hal berbau negatif. Siswa akan lebih konsisten untuk belajar karena internet salah satu daya tarik di era global ini. Memang ada prgram televisi yang menayangkan program pendidikan edu-TV, tapi kurang mampu membuat siswa tertarik dan banyak kekurangan karena ia sifatnya penayangan yang tidak online, dan juga program pendidikan lainnya saya rasa masih kurang efektif.

Bila program internet untuk sekolah terwujud maka pendidikan di Indonesia akan tambah maju, murid semakin cerdas dan bangsa akan mampu bersaing di dunia Internasional. “Learning will be better with the internet in schools program”

Tulisan ini untuk postingan di CSA.

From → opini

2 Komentar
  1. Semua insan yang memegang IT sekolahan pastinya berharap hal yang sama Bos, tapi kenyataannya? hingga hari ini sekolah kami tidak bisa mengakses internet. Selain biaya mahal sarana serta prasarananya jg tidak mendukung. PAke modem gak da signal? Kemana kami harus mengajukan permohonan paket internet untuk sekolah yang bisa mendapatkan akses cepat dan murah untuk sekolahan? Matur suwun…

  2. buraqmanari permalink

    salam hangat bang,
    kenyataannya gak seperti itu yang didapat disekolah2 tinkat kecamatan,,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: