Skip to content

PENTINGNYA KEKOMPAKAN BAGI OUTSOURCE DALAM PERUSAHAAN

4 Januari 2010

Perusahaan dewasa ini pada umumnya menggunakan dua bagian penting untuk SDM yaitu karyawan dan outsourcing. Karyawan merupakan aset emas bagi suatu perusahaan di mana mereka menjadi penentu utama dalam rangka operasional perusahaan baik sebagai “decesion maker” maupun penunjang lainnya dan di gaji langsung oleh perusahaan yang bersangkutan. Dan bagian kedua di sebut outsourcing yaitu tenaga dari perusahaan lain (penyedia) yang dipekerjakan pada perusahaan tertentu. Mereka pada umumnya bekerja pada bagian penunjang yang bukan core perusahaan, walaupun di bidang IT sekalipun.

Mungkin bagi karyawan tidak banyak masalah yang dihadapi secara real karena mereka semua punya jenjang karir yang jelas dan semua akan mempunyai peluang sama, sesuai kriteria masing-masing dan kedekatan dengan orang tertentu untuk memuluskan jalannya. Kekompakan mereka tidak perlu diragukan dalam mensukseskan operasional perusahaan.
Beda dengan yang namanya outsourcing, mereka berasal dari banyak perusahaan penyedia dan dipekerjakan pada satu perusahaan tertentu. Ini menimbulkan banyak masalah terutama kekompakan sebagai satu kesatuan untuk membantu suksesnya core perusahaan.
Mereka umumnya kompak sesamanya dan sulit untuk lintas lainnya, karena masing-masing mengklaim dirinyalah yang lebih berperan penting di perusahaan itu, dan lain sebagainya. Ini tentu tidak mengganggu jalannya operasional perusahaan tetapi alangkah baiknya bila semua menjadi satu kesatuan yang kompak dan utuh serta saling bahu-membahu.
Untuk mendapatkan kesamaan antar outsourcing maka peran pimpinan perusahaan juga sangat menentukan karena kemampuan untuk menghilangkan gap diantara mereka menjadi bagian terpenting. Adanya rasa lebih dan menghinakan orang sebenarnya yang menjadi tidak kompak untuk sesama. Seorang yang bisa menggunakan komputer merasa lebih bila dibandingkan dengan seorang officeboy atau sopir atau security atau lainnya. Seorang outsourcing yang gajinya lebih tinggi dari lainnya jug menjadi sombong dan angkuh. Semua ini hanya mainan hawa nafsu yang tidak menguntungkan bagi kita dan juga orang lain. Problema ini yang sering didapat dalam dunia kerja pada suatu perusahaan.
Demikian juga keakraban yang dialami oleh satu penyedia outsourcing dengan bagian-bagian tertentu di perusahaan, mereka juga adanya gap yang membatasi atas dasar kerja dan keakraban dengan orang-orang tertentu. Ini juga menunjukkan gejala yang kurang mengenakkan bagi dunia kerja. Adanya outsourcing yang selalu dimanjakan dengan uang, segala urusan yang bersifat uang akan menjadi jatahnya. Ia akan dipakai untuk proyek-proyek beruang dan ia takkan mau atau peduli yang tidak menjadi uang masuk baginya. Tentu sangat membuat yang lain kurang senang bahkan membuat mereka jadi malas bekerja. Seharusnya pihak-pihak tertentu terutama pimpinan harus menggalang persatuan dan kesatuan untuk semua outsourcing, jangan dipilih-pilih. Karena sangat fatal akibatnya bila selalu dimanjakan dengan uang dan uang. Kesamaan dan kesatuan jangan sampai diukur dengan uang tetapi “berdasarkan tanggungjawab dan moral” dalam bekerja. Tulisan ini hanya sebuah ilustrasi pemikiran berdasarkan pantauan selama ini dalam sebuah perusahaan yang menggunakan banyak outsourcing.

Iklan

From → opini

8 Komentar
  1. senirwan permalink

    yang lebih penting untuk didiskusikan adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan pekerja outsourcing itu sendiri. Tanpa kita sadari, sebenarnya banyak teman-teman outsourcing yang hatinya menjerit ketika mendengar bahwa gaji karyawan setiap saat mengalami kenaikan apalagi ditambah dengan bonus/insentif yang sering mampir ke kantong para karyawan. Pekerja outsourcing hanya bisa tersenyum ketika karyawan mengumumkan kenaikan upah atau penerimaan insentif, tetapi hatinya terluka. Padahal harus diakui, justru tenaga outsourcinglah yang paling banyak berperan dalam peningkatan kelancaran kegiatan operasi perusahaan. Mereka sebenarnya tidak keberatan untuk tidak diangkat menjadi karyawan tetap, asalkan kesejahteraan mereka dan keluarga betul-betul diperhatikan. Jadikan mereka sebagai bagian penting dari perusaan, libatkan mereka dalam setiap pengambilan keputusan perusahaan, suasanakan mereka agar mereka benar-benar merasa memiliki perusahaan tersenut. Sekian dan terima kasih

  2. harus tetap kompak dan semangat

  3. alhamdulillah akhirnya bisa keluar juga komentarku

  4. jadi pingin nagis kalau selalu tertangkap kang

  5. sulit kalau selalu tertangkap

  6. selamat malam kang
    dari tadi sudah berapa komentarku tertelan askismet
    semoga disini tidak

  7. semoga disini tidak tertangkap MR. askismet

  8. buraqmanari permalink

    Amankan yang pertamax dulu bang,…
    menjaga kekompakan memang sulit apalgi dimasa sulit seperti sekarang, namun dengan komunikasi yang bagus diharapakn bisa,.

    NB : Mari kita bersama sama melaporkan http://beritamuslim.wordpress.com/ sebagai SPAM karena telah melecehkan Agama Islam dan NAbi Muhammad dalam Postingannya,..
    Allahu Akbar,…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: