Skip to content

MEROKOK HARAM

26 Maret 2010

Beberapa waktu lalu sampai sekarang pihak Muhammadiyah lagi menggodok bahwa merokok itu haram. Dan hanya diterapkan oleh kaumnya saja, tidak untuk semua karena fatwa ini bukan dari MUI pusat. Pihak NU belum ada fatwa merokok itu haram. Jadi dengan adanya fatwa haram merokok belum berpengaruh kepada turunnya penjualan dan pajak negara. Rokok merupakan penyumbang pajak terbesar walaupun sebagai penyumbang penyakit juga. Bahkan asapnya dapat mempengaruhi lapisan ozon yang menyebabkan panas meningkat. Namun semua ini terus berlanjut sampai industri-industri rokok di dunia tutup dan dunia bebas rokok.

Sepanjang saya tahu dari hasil pengajian bahwa hukum menghisap rokok terbagi kepada tiga tingkatan yaitu mubah, makruh dan haram. Namun tingkatan haram sangat berbahaya karena sang perokok sudah menjadi pecandu. Akibat ketergantungan rokok ini menyebabkan dia tidak bisa melepaskan diri dari tanpa rokok. Perokok ini boleh tidak makan tetapi ada rokok. Ini tentu sangat berbahaya karena sudah menganiaya diri sendiri. Namun tingkat mubah dan makruh tentu perokok iseng, hanya sebagai teman santai saja, tidak membuat dirinya tergantung kepada rokok. Dan mampu menjaga diri kapan boleh merokok misalnya tidak merokok di tempat umum dan boleh ada rokok ataupun tidak.
Saya pribadi dulu juga perokok namun masih perokok iseng, saya tidak tergantung kepada rokok dan hanya teman santai, dari pada bengong sendiri ya merokok. Jadi saya tidak mempengaruhi kesehatan walaupun sudah merokok lebih kurang 14 tahun lalu. Baru 2010 berhenti merokok karena males juga, bukan sebab lainya.
Saya rasa merokok boleh-boleh saja asal kita tidak sampai menjadi candu dan alangkah baiknya bila tidak merokok karena asapnya walaupun tidak merusak diri tetapi merusak kesehatan lingkungan. Bila semua kita tidak merokok maka udara sedikit tertolong karena hampir 1 milyar perokok di dunia ini. Semoga kita akan sehat selalu dengan tanpa rokok… Semoga🙂

From → opini

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: