Skip to content

BAIK DAN BURUK

28 Maret 2010

Baik dan buruk merupakan dua kata yang kontradiksi, namun proporsinya sama dalam kehidupan ini. Banyaknya yang baik hanya 50% dan selebihnya buruk. Kita dapat memilih di antara keduanya, bila ingin jadi orang baik maka banyaklah berbuat baik, demikian sebaliknya. Bila memilih keduanya maka kehidupan menjadi tidak jelas karena percampuran kebaikan dan keburukan membuat manusia bermuka dua.

Kita melihat dalam kehidupan ini bahwa kebanyakan manusia suka mengambil yang buruk artinya banyak melakukan hal-hal terlarang dalam “kontek agama” namun bagi orang tanpa agama tentu tidak ada pertentangan apa pun yang dilakukannya. Misalnya pekerja, tentu mereka sudah mendapatkan gaji setiap bulannya namun masih saja mau korupsi dengan berbagai cara atau menipu untuk memperkaya diri. Ini tentu tindakan yang buruk.
Demikian juga dengan para pemimpin atau wakil-wakil yang mengurus negara, mereka semua mendapatkan honor dan fasilitas yang sangat-sangat memadai namun tetap saja membangun KKN untuk memperkaya diri dan kroninya, semua dilakukan atas nama rakyat tapi bukan untuk rakyat.
Seandainya semua orang suka dengan kebajikan dan menolak setiap kejahatan atau keburukan maka kehidupan tidak serepot ini. Angka kemiskinan terus naik, tingkat kesehatan masyarakat turun, pelayanan publik tidak jelas, angka pengangguran meningkat, anak-anak jalanan semakin rame, penggusuran merajalela, musibah demi musibah pun kerab terjadi. Ini semua karena manusia suka kepada keburukan yang seharusnya kita berantas, tidak diberikan tempat dalam kehidupan.
Semoga kita dapat kembali kepada kebaikan karena kebaikan itu dekat dengan kebenaran dan menjauhkan diri dari segala keburukan karena keburukan merusak diri dan tatanan kehidupan.

From → opini

2 Komentar
  1. Kedua hal itu ga bisa digabungin sampe kapanpun

  2. Dunia emg hanya ada 2 : Baik dan buruk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: