Skip to content

PECI DAN KAIN SARUNG

25 Agustus 2010

Dulu bila bulan ramadhan tiba maka terjadinya perubahan drastis di Aceh, sejak hari pertama puasa sampai bulan syawal atau lebaran. Rakyat Aceh pada umumnya beragama Islam maka ketika ramadhan tiba akan berganti stelannya di mana pada hari biasanya menggunakan pakaian celana panjang dan baju digantikan dengan pakaian muslim lengkap dengan peci. Walaupun mereka pakai celana namun tetap menggunakan kain sarung sebagai pelengkap. Ini terdapat hampir diseluruh Aceh tanpa kecuali kota-kota. Tradisi ini sudah berlangsung sejak lama dan tidak bertahan untuk saat ini.

Saat ini kita sudah sangat sulit mendapatkan cara berpakaian begini walaupun di bulan ramadhan. Rakyat Aceh sudah sangat reeboks kepada dunia sehingga siapa saja yang masuk ke Aceh dan mempopulerkan budayanya, rakyat cepat menyerap, sehingga tradisi yang turun temurun hilang begitu saja tanpa hambatan berarti.
Banyak budaya luar yang terserap di kalangan masyarakat Aceh terutama cara berpakaian. Baik laki-laki maupun perempuan. Dan yang sangat disayangkan adalah kaum hawa, terjadinya perubahan hampir 100%. Ini terlihat bahwa mereka sudah enggan menggunakan pakaian yang lebih sopan dan beradab, tetapi sangat menggandrungi pakaian ketat baik baju maupun celana sehingga menampakkan bentuk tubuh mereka, yang seharusnya tidak diedarkan untuk khalayak ramai. Namun itulah yang terjadi di dewasa ini di Aceh.
Bila kita ingin melihat tradisi berpakaian yang beradab maka harus menelusuri kawasan pedalaman Aceh, mungkin mereka belum terkontaminasi dengan budaya luar. Dan ini sangat menarik perhatian dan beda karena mereka sudah menjadi barang langka.
Andai Aceh dapat dikembalikan kepada tradisi lama atau adat istiadat yang bernuansa Islami maka sungguh suatu hal yang luar biasa dan saya pribadi sangat mengimginkan hal itu karena sudah sangat bosan dengan tradisi modern yang terkesan, kusam, kumuh, tidak bermoral, hedonism, dan label lainnya.
Sebenarnya ini semua tugas para petugas yang menjaga adat dan budaya, juga bagi masyarakat pada umumnya harus mendukung agar kita kembali kepada budaya yang Islami. Semoga

BlogBooster-The most productive way for mobile blogging. BlogBooster is a multi-service blog editor for iPhone, Android, WebOs and your desktop

From → opini

2 Komentar
  1. was said before, very successfully a few times I came to this site

Trackbacks & Pingbacks

  1. finansiera din utbildning

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: