Skip to content

PERANG TARIF TERUS BERLANJUT

25 September 2010

Saat ini Indonesia memiliki banyak operator penyedia layanan telekomunikasi, antaranya Telkomsel, Indosat, XL, 3, Esia, Telkom, Axis, dan lainnya. Kita bebas ingin menggunakan dan berlangganan dengan operator mana saja, sesuai selera. Baik untuk nelpon maupun layanan internet atau data. Semua punya kualitas yang baik dan memuaskan walaupun masih ada yang belum maksimal, terutama pemain baru.
Namun untuk saat ini saya sendiri bingung (mungkin konsumen lainnya juga) karena semua operator mengedepankan tarif murah baik untuk nelpon, sms dan data. Setiap operator melakukan perang ini untuk mendapatkan pelanggan yang setia padanya. Sehingga mereka dengan rela meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan konsumen, tapi adakalanya pelayanan yang diberikan jauh dari harapan. Sering terjadinya gangguan baik untuk telepon maupun data, keterlambatan terkirimnya SMS atau sering telepon putus sendiri tanpa sebab yang jelas.
Demikian juga dengan paket-paket yang ditawarkan makin membuat bingung karena terlalu banyak dan tidak mudah untuk memilikinya. Malahan ada operator yang mengenakan biaya untuk pindah paket, seharusnya ini gratis.
Saya mengharapkan kepada pemerintah untuk tidak membiarkan operator penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia larut dalam tarif murah dan pelayanan buruk tetapi dapat membawa mereka kepada tarif yang ideal dengan layanan memuaskan sehingga konsumen dapat terdidik dalam penggunaan fasilitas telekomukasi sehari-hari. Konsumen tidak terkesan boros dan lumrah saja karena semua serba murah, persaingan pun jadi tidak sehat.
Setiap operator seharusnya mengutamakan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggannya bukan asal-asalan seperti yang sering disajikan di situs detik.com pada kolom suara konsumen. Kita bisa membaca betapa banyaknya kasus-kasus yang terjadi pada konsumen dari operator telekomukasi di Indonesia. Semoga ke depan layanan operator harus sesuai harapan.

From → opini

One Comment
  1. iklan mmg selalu yg ditampilkan yang bagusnya aj ketentuan berlakunya ga tahu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: