Skip to content

MANAJEMEN BARU

11 April 2011

Aku sudah memasuki tahun ke 4 menjadi outsourcing (kuli kuntrak… hehehe) atau kontrak yang ke 4 di sebuah perusahaan, bergerak dibidang komunikasi. Memang banyak masalah yang timbul setiap waktu baik yang baik maupun buruk atau kurang mengenakkan.
Sepanjang perjalanan yang sudah ku lalui dari hari ke hari banyak asiknya karena para user atau karyawan semuanya baik baik dan gaul. Tidak ada yang sombong atau angkuh baik orang luar Aceh maupun pribumi sendiri. Sehingga aku merasa bagai sebuah keluarga besar. Kawan kawan seperjuangan juga sangat asyik asyik aja, semua penurut, tidak ada pembangkang karena semua mensyukuri bahwa kami masih mempunyai kesempatan untuk bekerja.

Namun sejak bulan April ini terjadi perubahan dalam sistim operasional. Untuk bidang ini perusahaan penyedia membentuk satu devisi khusus yaitu Devisi Transportasi Atau Manajemen Transportasi (TM). Untuk kelancaran operasional di lapangan maka ditunjuk satu koordinator yang namanya KBM. Dia yang memeneg urusan transportasi sehingga dapat berjalan sesuai rencana. Namun ada sedikit masalah yang timbul bahwa pihak KBM tidak mensosialisasikan segala aturan yang berlaku baik untuk user maupun pihak supir (salah satu bagian transportasi). Akibatnya timbul selisih paham antara KBM dengan aku. Dan pasti aku jadi korban karena aku dianggap sebagai pemberontak, manusia yang tidak bisa di atur.
Sejak pertama kali kerja sampai sekarang (sebelum kejadian ini) aku bekerja tanpa masalah, semua ku lakukan dengan baik sebatas kemampuan yang aku miliki. Bahkan aku sendiri menganggap “sebagai anjing yang pasti selalu setia sama atasan dan segala aturan”. Tiba tiba timbul masalah, kan jadi aneh. Apakah aku yang bandel atau sang KBM yang kurang mensosialisasikan aturannya, atau KBM memang kurang mampu menjalankan tugasnya, karena masih baru. Seharusnya KBM mengakui bahwa memang tidak ada pemberitahuan sebelumnya sehingga jadi begini, bukannya menuduh bawahan tidak bisa di atur atau pembangkang. Sejak itu aku jadi tidak enak dengan KBM dan dia kalau melihat aku seperti kurang enak, tapi aku karena sifatku enjoy aja, maka aku enjoy aja, kuanggap tidak pernah terjadi apa apa.
Setiap yang baru pasti ada pembaharuan, bila dijalankan oleh orang yang kurang tahu atau mengerti maka bisa menjadi masalah, tapi solusinya … ya, belajar dengan pengalaman orang lain. Sehingga yang kita tidak tahu akan menjadi tahu, maka memeneg orang pun akan mudah.
Semoga ke depan bisa lebih baik dan janganlah memandang orang terutama bawahan itu selalu di bawah kita tapi kita harus saling bantu untuk mencapai tujuan dengan bersikap lunak atau fleksible alias tidak kaku. Pasti semua bawahan akan senang… Semoga

From → opini

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

