Skip to content

KERJA DAN KEPUASAN

29 April 2011

Setiap manusia pasti punya kebutuhan baik kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. Kebutuhan jasmani berupa sandang, papan dan pekaian, kebutuhan rohani berupa keamanan, kenyamanan dan ketenangan. Ada sebagian menambah dengan sex.
Untuk memenuhi kebutuhan jasmani tentu kita butuh biaya dan biaya bisa kita dapatkan dengan bekerja. Pekerjaan adalah satu bagian terpenting bagi manusia sekarang ini terutama bekerja di Pemerintahan atau perusahaan swasta. Ini juga dapat memberikan nilai sosial lebih dalam masyarakat di bandingkan dengan pengangguran atau pekerja paruh waktu.
Dalam bekerja kita selalu dituntut untuk kerja keras dan mencapai tujuan yang ditetapkan. Kadang kala kita harus rela mengorbankan waktu keluarga demi kerja. Namun mendapatkan hasil yang setimpal baik saleri maupun pangkat atau jabatan.

Setiap pekerjaan harus dikerjakan dengan hati senang, pikiran jernih dan keadaan yang nyaman. Semua perintah harus diterima dengan baik dan dikerjakan dengan baik pula. Atasan juga harus pinter dalam memberikan tugas kepada bawahannya. Dia harus punya konsep jelas dalam mengatur kerjaan bawahannya sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai.
Aku sekarang ini punya atasan baru namun komunikasi antara atasan dan bawahan lemah. Atasanku menganut sistem otoriter, bertangan besi (memang orangnya besar dan gagah… hehehe). Apapun yang ditugaskan olehnya, harus dikerjakan. Kalau kita membantah maka pasti dibalas dengan kata kata, “kenapa kamu yang ngatur saya”. Sangat kejam dan seram. Semua kawan kawan menjadi salah kaprah dalam bekerja karena mereka sudah menjadi robot robot, padahal mereka sudah puluhan tahun bekerja dengan profesinya. Hampir setiap hari bermasalah dan semua hanya terpendam pada diri masing masing tanpa penyelesaian.
Seharusnya ini tidak perlu terjadi seandainya atasan dan bawahan satu lini dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Semua kompak, tanpa ada rasa ingin dibesarkan, ingin disanjung atau harus disembah. Manusia kan punya kelebihan dan kekurangan, ini yang harus diisi sehingga menjadi kuat dan solid. Semua bisa dimusyawarahkan karena kita makhluk sosial. Memang ada juga kawan yang memanfaatkan sisi kelemahan atasan ini sehingga dia bisa bermain manis. Dan dimanapun pasti terjadi, malahan dalam satu keluarga pun terjadi.
Tapi saya sebagai seorang pekerja yang sudah lama menggeluti bidang ini dan sudah pernah bekerja di beberapa tempat tetap komit bahwa apa pun yang terjadi saya akan tetap bekerja dengan “tekun, disiplin, jujur, amanah, bersih, dan penuh tanggungjawab”, karena dengan inilah kepuasan kerja bisa saya dapatkan….. semoga

From → opini

One Comment
  1. Saleum,
    Senantiasa berfikir positif aja bang, apapun itu jangan dijadikan masalah yang berarti, setidaknya dengan cara si bos, bang boi akan terbiasa menjalani semua kerjaan itu dengan disiplin dan amanah
    saleum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: