Skip to content

PENTINGNYA MENGGUNAKAN HELM

25 April 2012

Helm merupakan salah satu syarat menggunakan kenderaan bermotor (khususnya sepeda motor) karena helm dapat melindungi kepala dari benturan benda apa saja bila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Namun kebanyakan pengguna sepeda motor tidak mau menggunakannya, akibatnya banyak yang mati dan pendarahan serius di kepala bila terjadi tabrakan.

Saya dan kawan beberapa hari lalu mengalami suatu kecelakaan dengan sepeda motor di kawasan Meukek tepatnya hari Kamis, 19 April 2012 di Kuta Buloh II, Meukek, Aceh Selatan. Kami menggunakan mobil Toyota Jenis Innova dari arah Blang Pidie menuju Kota Tapak Tuan dengan kecepatan antara 50 – 60 km per jam, tiba tiba dari arah berlawanan datang sepeda motor yang ditunggangi anak muda (kisaran umur 20 tahun) tanpa memberikan aba aba berupa lampu sen untuk berbelok ke arah kanan, namun ia seenaknya saja berbelok ke arah kanan dan langsung berpas-pasan dengan mobil.

Tabrakan tidak dapat dihindari dan pengguna sepeda motor terpental ke kaca depan mobil, kaca pecah dan kepalanya mengeluarkan darah dari telinga akibat terjadi benturan keras dan kepala tidak dilindungi oleh helm.

Ini salah satu kerugian yang dialami korban karena tidak menggunakan helm yang ditetapkan oleh Polisi selaku penanggungjawab lalu lintas jalan raya. Apabila korban menggunakan helm mungkin akibatnya tidak separah ini karena setiap benturan dapat diminimalisir oleh helm. Memang helm tidak memberikan jaminan 100 persen aman terhadap kepala tetapi setidaknya ada laisan di saat benturan terjadi atau tidak secara langsung mengenai batok kepala.

Kami berharap kepada pengguna jalan raya terutama pengendara sepeda motor agar selalu berhati-hati dan menggunakan atribut lebgkap di saat bepergian. Kita mengikuti aturan yang ditetapkan, mudah-mudahan selamat seperti kata kata yang sering kita dapat di kantor polisi “SAYANGI DIRIMU, SAYANGI HARTAMU” berhati-hatilah di jalan. Mungkin bila kata di rubah “SAYANGI KEPALAMU, PAKAILAH HELM”…🙂

Mari kita tegakkan disiplin di jalan raya, taati norma dan etika sehingga semua pengguna jalan merasa aman dan nyaman, angka kecelakaan akan menurun.

From → opini, pengalaman

One Comment
  1. Todo S. permalink

    Saya sudah membuat videocast tentang fungsi dan cara kerja helem. Silahkan diklik dan nikmati penjelasan panjang lebar dari saya: http://vimeo.com/68665896

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: