Skip to content

MERUBAH WATAK MASYARAKAT

12 Mei 2012

Umumnya pengguna jalan raya di Indonesia sangat kurang memperhatikan rambu rambu apalagi mematuhi dan juga kelengkapan surat kenderaan serta SIM. Hal ini tidak kecuali di daerah saya, Aceh. Dan saya melihat setiap hari banyak korban lakalantas yang terjadi di seluruh Aceh terutama lintas Barat-Selatan.
Saya menulis ini karena sudah mengalami kecelakaan di lintas Barat-Selatan beberapa hari lalu, korban menggunakan sepeda motor tanpa kelengkapan sama sekali apakah helm, SIM, STNK, Spion, bahkan KTP pun dia tidak punya. Ini sangat aneh tapi benar benar terjadi dengan saya, Alhamdulillah korban sudah sehat kembali, mudah mudahan bisa sembuh tanpa cacat karena benturan kepala dengan kaca depan mobil saya.

Saya sempat berbincang bincang dengan anggota Polsek dan anggota polres setempat dan kata mereka memang masyarakat di kawasan ini sulit untuk di rubah prilaku berkenderaan, bila terjadi kecelakaan sering mereka main hakim sendiri, bisa membuat supir babak belur. Mereka menganggap jalan raya milik mereka sendiri, bila tabrakan berarti kita yang salah alias melukai mereka.
Saya sangat prihatin dengan kondisi seperti ini di mana negara yang sudah maju, terkenal di dunia international tetapi banyak masyarakat masih primitif jalan pikirannya, mungkin mereka masih teringat kepada UULLAJR tempo dulu dimana yang besar selalu disalahkan, padahal sekarang sudah berubah bahwa kesalahan dilakukan melalui selidik.
Sebenarnya ini adalah tanggungjawab mereka untuk merubah prilaku masyarakat dalam menggunakan jalan raya secara baik dan nyaman sehingga tidak banyak korban laka yang jatuh setiap harinya, dengan memberikan pengarahan dan mengajak aparat desa untuk mendukungnya, misalnya dengan membuka test SIM kolektif, membagikan helm gratis serta sering melakukan razia kelengkapan serta menertibkan balapan liar setiap hari dan salah satu cara yang saya rasa efektif membuat masyarakat berubah yaitu dengan menempatkan foto foto tabrakan yang fatal di persimpangan dan ditempat2 umum seperti gerbang Mesjid, kantor camat,kantor desa dan lainnya di tempat umum. Makin sering warga melihat foto foto demikian maka rasa takut akan kecelakaan fatal muncul dikepalanya dan Insya Allah mereka akan berubah. Semoga

From → opini, pengalaman

One Comment
  1. amin semoga saja yah.. karna yang saya tau kecelakaan di jalan raya semakin tinggi angkanya…

    Di tunggu kunjungan baliknya yah..

Tinggalkan Balasan

