Skip to content
Tags

, ,

Polisi Nakal Karena Salah Rekrut

13 Februari 2013

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Moffan MK SH mengungkapkan, berdasarkan hasil penelitian penyebab munculnya polisi brengsek (nakal) karena pola rekrutmentnya yang salah. “Jadi mulai saat ini dan ke depan tak ada lagi KKN dalam proses penerimaan anggota polri. Tak ada lagi sogok menyogok. Pak Kapolda Aceh sudah menegaskan, siapa yang baik dan siap, dialah yang berhasil”. Serambi News, Rabu 13 Feb 2013.
Pernyataannya sangat menyenangkan hati kita semua apabila benar benar dapat dilaksanakan, tapi saya yakin ini hanya isapan jempol belaka. Hampir setiap proses rekrutment polisi maka pejabat utama akan ngomong ini untuk dipublikasikan dengan harapan bahwa masyarakat menilai bersih institusinya.
Tapi karena seringnya pernyataan pejabat demikian menyebabkan masyarakat jadi cerdas, mereka bisa melihat secara langsung di lapangan apakah dengan kasus adanya saudara, kawan, sanak famili yang ikut proses, dan hasilnya mereka secara sembunyi harus mengeluarkan biaya biaya tertentu untuk tahap demi tahap proses.
Ini sudah menjadi rahasia umum dan akhirnya masyarakat harus siap dengan uang dan fisik bahkan boleh hanya siap dengan uang saja. Hasil rekrutment menjadi nakal karena harus selalu memikirkan untuk mengembalikan uang tak terduga itu. Kapan pun kita tidak akan punya polisi yang berkualitas karena biasanya banyak yang berkualitas tapi dari kalangan masyarakat miskin termasuk keponakan saya jatuh pada saat pantohir, alasannya karena tidak punya uang.
Maunya penjabat harus punya komitmen agar institusi bersih bersih dengan mengawasi langsung setiap proses rekrutment dan hasilnya pasti akan lebih baik. Jangan hanya retorika belaka dan di muat harian news. Semoga …

From → Aceh

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: