Skip to content

ASURANSI SERING DIANGGAP PENIPUAN?

30 Oktober 2013

Profesi agen asuransi adalah profesi yang dapat bermanfaat bagi banyak orang karena membantu masyarakat untuk sadar akan kebutuhan berasuransi. Namun saat ini banyak salah kaprah mengenai asuransi yang terutama disebabkan oleh kurangnya pengetahuan agen dalam menjual produk asuransi dan hanya mengejar keuntungan/bonus, dan banyaknya jargon penjualan asuransi yang menyesatkan sehingga membuat perbedaan pengertian antara agen dan nasabah.

Contohnya, kasus-kasus di mana klaim nasabah tidak dibayar. Banyak dari nasabah yang menganggap sakit/musibah apapun yang terkait akan ditanggung oleh asuransi. Sayangnya di dalam polis asuransi banyak poin-poin pengecualian yang tidak dijelaskan agen asuransi dan tidak dibaca oleh nasabah.

Akibatnya ketika nasabah mengalami kerugian dan tidak dibayar, nasabah menganggap asuransi melakukan penipuan. Dalam hal ini memang bisa saja nasabah salah karena tidak membaca polis, namun agen seharusnya lebih berperan menjembatani perusahaan asuransi dan nasabah untuk meminimalisir kasus-kasus seperti ini dengan cara menjelaskan dengan benar, tidak Cuma asal jualan dan mencari komisi semata.

Contoh kedua, agen yang hanya mengejar bonus dan keuntungan semata sehingga menjual produk yang tidak dibutuhkan nasabah. Kasus paling umum adalah asuransi jiwa. Tidak semua orang perlu asuransi jiwa.

Asuransi jiwa hanya diperlukan oleh mereka yang menjadi tulang punggung keluarga/memiliki orang lain yang bergantung hidup pada mereka. Seorang anak yang masih kecil dan masih diasuh orangtuanya tidak memerlukan asuransi jiwa, karena jika si anak meninggal, orangtuanya akan mengalami kerugian emosi dan psikologis, dan tidak mengalami kerugian ekonomis sehingga tidak memerlukan uang pertanggungan dari meninggalnya si anak tersebut.

Kasus seperti ini mengakibatkan salah jual produk asuransi sehingga nasabah harus mengeluarkan uang sia-sia. Tanggungjawab agen adalah menjual produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, bukan menjual produk dengan komisi paling tinggi.
Contoh ketiga, jargon asuransi yang banyak merugikan nasabah salah satunya adalah: uang kembali. Banyak agen menggunakan hal ini sebagai “senjata” untuk mendapatkan nasabah. Padahal ada banyak syarat, kondisi, dan ketentuan sehingga nasabah bisa mendapatkan “uang kembali” (premi) yang tidak hangus.

Perbedaan paham antara agen dan nasabah mengenai hal ini juga menyebabkan asuransi kerap dianggap penipuan. Padahal jika agen menjelaskan dengan rinci dan sejelas-jelasnya sehingga nasabah mengerti, hal ini dapat diminimalisir.

Sebagai agen asuransi Anda harus terus mengasah ilmu Anda tidak hanya tentang asuransi namun juga tentang perencanaan keuangan secara menyeluruh, sehingga Anda mengetahui apa yang dibutuhkan oleh nasabah. Terkadang ilmu-ilmu seperti ini tidak didapatkan di dalam training di perusahaan, Anda harus proaktif dan aktif belajar di luar perusahaan agar solusi yang diberikan ke nasabah adalah solusi yang tepat.

Saat ini ada banyak lembaga dan tempat training yang mencoba mengajarkan ilmu Perencana Keuangan ini. Ada yang bagus sekali tapi banyak juga yang abal-abalan atau hanya memberikan ilmu alakadarnya. Berhati-hatilah dalam memilih lembaga dan pengajar. Hanya belajar dari lembaga yang diakui secara dunia dengan pengajar yang sudah berpengalaman tidak hanya secara teori tapi juga praktek sebagai seorang Perencana Keuangan.

Salah satu yang terbaik adalah lembaga bernama IARFC – Indonesia (www.IARFCIndonesia.com) yang tidak hanya berstandard Internasional tapi juga memiliki pengajar yang berpengalaman langsung sebagai Perencana Keuangan sehingga tidak hanya diajarkan teori saja.

Sumber: detik.com

From → kesehatan

3 Komentar
  1. Menangis mungkin bukan solusi tapi terkadang dapat menjadi obat penenang

  2. Kami menjual Obat Kutil Kelamin Ampuh tanpa harus Operasi. Sudah di buktikan oleh banyak pasien kami Condyloma atau Kutil kelamin disebabkan oleh virus HPV yang penyembuhannya terbaiknya dari luar dan dalam. Pengobatan dari dalam adalah membunuh virusnya sementara dari luar adalah menghilangkan kutilnya. Alhamdulillah Kami sudah berpengalaman mengobati penyakit ini secara tradisional dan tanpa operasi. Gabungan dari berbagai macam herbal seperti propolis murni yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk membasmi virus dan berbagai tanaman herbal yang berkhasiat. Berikut adalah testimoni yang sudah pernah melakukan pengobatan di tempat kam

  3. Pengakuan tulus dari IBU YENI,NURLINA TKI Yang kerja di disingapore.
    Saya mau mengucapkan terima ksih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada MBAH RORO, saya sudah kerja sebagai TKI selama 9 tahun disingapore,dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim orang tua di majalengka, sudah lama saya mengetahui roomnya om ini, juga sudah lama mendengar nama besar MBAH,tapi saya termasuk orang yangg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yang mau menipu.
    tetapi kemarin waktu pengeluaran , saya benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yg diberi MBAH RORO ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya TKI Yang kerja di singapore mau pulang tidak ada ongkos, terus beliau bantu kasih angka . mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan april, ternyata berhasil….!!!
    dapat BLT 200jt, sekali lagi terima kasih banyak MBAH RORO, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana senin depan mau pulang aja ke PALEMBANG.buat MBAH,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik MBAH.
    yang ingin merubah
    nasib seperti saya silahkan hub MBAH RORO di no. 0853,9453,7578 ATAU

    WEBSITe _RORO{ :> http://wwwprediksimbahjenggo.webs.com }

    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    IBU YENI tki.
    MAKASIH OM ROOMNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: