Skip to content

SELAMAT BERTUGAS WALI NANGGRO

16 Desember 2013

SETELAH melewati berbagai debat politik dan hukum, bahkan diwarnai berbagai demo dan protes, akhirnya Malik Mahmud Al-Haytar, Pimpinan Politik GAM, akan dikukuhkan sebagai Wali Nanggroe Ke-9 dalam Sidang Paripurna Istimewa DPR Aceh hari ini (Senin, 16/12/2013).
Jabatan itu dipercayakan DPRA kepadanya, karena Wali Nanggroe Aceh Ke-8 dalam perspektif GAM, yakni Dr Muhammad Hasan Ditiro, sudah berpulang ke Rahmatullah pada 3 Juni 2010.

Semasa Hasan Tiro hidup, Malik Mahmud-lah yang ia percayakan pada 2005 memimpin delegasi GAM untuk berunding dengan Pemerintah Indonesia di Helsinki, sehingga akhirnya GAM dari RI sepakat menyudahi konflik bersenjata tiga dasawarsa di Aceh.
Peran Malik sebagai Pimpinan Politik GAM yang meneken MoU damai itu, bukanlah peran yang kecil. DPRA yang didominasi Partai Aceh yang satu kubu dengan Malik, tidak menafikan begitu saja peran tersebut, sehingga jabatan Wali Nanggroe pasca-Aceh damai diberikan kepadanya.
Malik sendiri mengakui kepada Serambi dalam wawancara 26 November lalu di Jakarta bahwa jabatan Wali Nanggroe ini bukanlah jabatan karena keturunan. Dia peroleh jabatan itu, karena ditunjuk oleh DPRA berdasarkan Qanun Nomor 8 Tahun 2012 tentang Lembaga Wali Nanggroe.
Setelah era Malik nantinya, barulah jabatan Wali Nanggroe dipilih secara demokratis dari tokoh-tokoh adat dan budaya Aceh, berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan di dalam qanun.
Dengan pemahaman dan kesadaran seperti itu, akhirnya kita ucapkan selamat atau tahniah kepada Meuntroe Malik atas pengukuhan ini. Semoga jabatan baru ini semakin memperkuat komitmen Meuntroe Malik untuk mempertahankan dan mengisi perdamaian Aceh dengan memprioritaskan usaha-usaha meningkatkan perekonomian demi kesejahteraan seluruh rakyat Aceh.
Hal yang juga sangat penting, sesuai tupoksi Wali Nanggroe sebagai pemersatu adat budaya Aceh, adalah memfokuskan tenaga dan pikirannya untuk mengembalikan kejayaan peradaban Aceh sebagai bagian dari peradaban dunia yang cinta damai, bermartabat, dan menghormati hak-hak asasi manusia tanpa kecuali. Semoga cita-cita luhur itu terwujud, sehingga Aceh semakin maju dan bermartabat dengan dukungan tamaddun yang islami dan akan menjadi rahmatan lil ‘alamin.
Lebih dari itu, Wali harus pula dengan penuh disiplin menjaga agar dalam menjalankan tugasnya tidak tumpang tindih atau bahkan mengambil peran yang seharusnya dimainkan oleh gubernur selaku Kepala Pemerintahan Aceh.
Wali juga harus tetap sadar bahwa dia bukan lagi milik satu kelompok atau satu partai politik saja, melainkan milik dari seluruh rakyat Aceh. Kepada rakyat Acehlah seorang Wali harus mengabdi dan menunjukkan kinerja yang luar biasa baiknya, sehingga pantas digugu dan ditiru oleh “wali nanggroe-wali nanggroe” berikutnya.
Hindarilah perilaku primordial, kolutif, arogan, overacting (laku lajak), boros, dan otoriter, karena semua itu sungguh bukan cerminan budaya Aceh yang islami. Akhirnya, selamat bertugas Wali, jadilah bapak yang baik dan mumpuni bagi kami, seluruh rakyat Aceh yang semakin cinta damai.
Sumber: serambinews.com

Iklan

From → Aceh, opini, Pemimpin, Sosial

One Comment
  1. Pengakuan tulus dari IBU YENI,NURLINA TKI Yang kerja di disingapore.
    Saya mau mengucapkan terima ksih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada MBAH RORO, saya sudah kerja sebagai TKI selama 9 tahun disingapore,dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim orang tua di majalengka, sudah lama saya mengetahui roomnya om ini, juga sudah lama mendengar nama besar MBAH,tapi saya termasuk orang yangg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yang mau menipu.
    tetapi kemarin waktu pengeluaran , saya benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yg diberi MBAH RORO ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya TKI Yang kerja di singapore mau pulang tidak ada ongkos, terus beliau bantu kasih angka . mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan april, ternyata berhasil….!!!
    dapat BLT 200jt, sekali lagi terima kasih banyak MBAH RORO, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana senin depan mau pulang aja ke PALEMBANG.buat MBAH,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik MBAH.
    yang ingin merubah
    nasib seperti saya silahkan hub MBAH RORO di no. 0853,9453,7578 ATAU

    WEBSITe _RORO{ :> http://wwwprediksimbahjenggo.webs.com }

    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    IBU YENI tki.
    MAKASIH OM ROOMNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: